Hasil Pileg di Kuningan, 4 Besar Parpol Suara Terbanyak – Video

Hasil Pileg di Kuningan, 4 Besar Parpol Suara Terbanyak
0 Komentar

Hasil perolehan suara dalam pemilu legislatif di Kabupaten Kuningan penuh dengan kejutan. Hasil tersebut juga berpotensi mempengaruhi peta politik, terutama di gedung DPRD, dan bursa calon bupati dalam Pilkada mendatang.

Menurut Abdul Haris SH, seorang pengamat pemerintahan, hukum, dan politik di Kuningan, peringkat sementara empat besar partai politik yang diprediksi akan memimpin gedung wakil rakyat untuk periode 2024-2029 adalah sebagai berikut

PDIP bertahan sebagai partai pemenang dengan perolehan suara 9 kursi. Meskipun demikian, partai ini yang dipimpin oleh Ketua DPC sekaligus mantan bupati 2018-2023, Acep Purnama, kehilangan 1 kursi dari pemilu sebelumnya.

Baca Juga:Polsek Seltim Berhasil Ungkap Pencurian Sepeda Bermotor – VideoPercobaan Pencurian Kotak Amal Masjid Terekam CCTV – Video

Urutan kedua diduduki oleh PKB dengan total 8 kursi. Munculnya PKB sebagai runner-up di Kuningan membuktikan kepemimpinan dan kinerja Ketua DPC Ujang Kosasih bersama pengurus lainnya, karena pada pemilu sebelumnya PKB hanya memperoleh 6 kursi, atau mengalami kenaikan 2 kursi di Pileg 2024.

Sementara itu, urutan ketiga dan keempat ditempati oleh Partai Golkar dan PKS, masing-masing dengan 7 kursi.Keempat partai politik besar ini menjadi sorotan menarik karena akan memegang tampuk pimpinan DPRD, yang terdiri dari ketua dan 3 wakil ketua, akan dipegang oleh keempat partai tersebut.

Abdul Haris juga menyebutkan bahwa mengulas aturan KPU dalam Pilkada mendatang, syarat 1 paket calon bupati dan wakil bupati dapat dilakukan oleh partai politik dengan perolehan suara minimal 10 kursi. Dengan hasil ini, Pilkada Kuningan beberapa bulan mendatang akan semakin menarik karena partai politik harus berkoalisi untuk menghadirkan bakal calon bupati dan wakil bupati.

0 Komentar