Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek: Identifikasi Korban Terhambat Akibat Kondisi Jasad Hangus

dok.ist
12 korban meninggal dunia akibat kecelakaan maut di KM 58/ foto: KBE
0 Komentar

ADARCIREBON.TV – 8 April 2024, Tragedi memilukan terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) ketika sebuah kecelakaan maut mengakibatkan semua jasad penumpang sebuah minibus hangus terbakar. Insiden yang terjadi pada Senin dini hari tersebut melibatkan sebuah bus, minibus Daihatsu GranMax, dan mobil SUV.

Menurut laporan, minibus GranMax yang mogok dan menepi di jalur B tiba-tiba ditabrak oleh bus antar kota yang melintas. Akibat benturan keras tersebut, GranMax langsung terbakar dan menyulut api yang juga mengenai mobil SUV. Kondisi jasad yang hangus membuat proses identifikasi korban menjadi sangat sulit bagi pihak kepolisian.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Aan Suhanan, menyatakan bahwa ada 12 kantong mayat yang dievakuasi dari tempat kejadian perkara (TKP) ke RSUD Karawang.

Baca Juga:Pemudik Asal Cilacap Meninggal Dunia di Rest Area KM 57Tragedi di Jalur Mudik: Truk Tangki Terguling Timpa Pemotor, Tiga Nyawa Melayang

“Kami belum bisa mengidentifikasi karena korban seluruhnya luka bakar,” ujar Aan. Tim Disaster Victim Identification (DVI) akan melakukan proses identifikasi lebih lanjut untuk mengenali korban.

Melansir dari KBEONLINE>ID, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyatakan berdasarkan temuan di lapangan, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari Daihatsu Grandmax ini berasal dari Jakarta Timur.

“Dari arah Jakarta kalau lihat alamat ini di Jakarta Timur alamat STNK-nya,” tutur Aan.

Selain itu ada dua orang korban mengalami luka-luka, diantaranya 1 orang dari kernet bus dan 1 orang lainnya merupakan pengemudi minibus Terios.

Aan bilang, untuk sementara ini kronologi terjadinya kecelakaan maut di KM 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih dalam penyelidikan.

“Sementara untuk penyebab kecelakaan dan sebagainya ini masih kita selidiki ya nanti ada tim olah TKP yang akan datang ke TKP ini,” tuturnya.

Sebelumnya kecelakaan beruntun terjadi di jalur contraflow KM 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-2 Lebaran atau pada Senin (8/4/2024) pagi.

Baca Juga:Longsor di KM 64 Tol Bocimi: Dampak dan Upaya PenangananPercepatan Perbaikan Jalur Mudik Kalimalang oleh Pemkab Bekasi dengan Anggaran 53 Miliar

Sembilan orang pemudik tewas hangus terbakar dalam kecelakaan beruntun di Jalan Tol Jakarta-Cikampek km 58 arah Jakarta. Kecelakaan tersebut melibatkan dua minibus dan bis, pada Senin (8/4/2024)

Kecelakaan ini juga berdampak pada lalu lintas di Tol Japek, yang mengalami kemacetan di kedua arah. Polisi bersama Jasamarga telah melakukan pembukaan jalur fungsional di ruas Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang sampai dengan Kutanegara untuk mengurangi kepadatan. 

Peristiwa ini mengingatkan kita akan pentingnya keselamatan berkendara dan perlengkapan keselamatan seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam kendaraan. Kecelakaan maut di KM 58 Tol Japek ini bukan hanya sebuah statistik, tetapi juga sebuah tragedi yang menyentuh banyak kehidupan dan keluarga.

0 Komentar