Dinkes Lakukan Fogging Di Kec. Astanajapura – Video

Dinkes Lakukan Fogging Di Kec. Astanajapura
0 Komentar

Sebagai tindak lanjut penanganan kasus DBD yang terjadi di wilayah Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Puskesmas Sidamulya menggelar kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui fogging atau pengasapan. Hal itu dilakukan menyusul peningkatan kasus DBD yang signifikan selama beberapa pekan terakhir.

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon melakukan pengasapan satu persatu rumah warga yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sidamulya, khususnya di Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, pada hari Senin siang. Langkah ini diambil karena meningkatnya kasus peredaran demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi di Kecamatan Astanajapura.

Tidak hanya rumah warga, petugas juga melakukan pengasapan ke sejumlah lokasi yang diindikasi menjadi sarang nyamuk seperti saluran pembuangan selokan maupun halaman warga. Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) juga dilakukan dengan membersihkan genangan air yang kerap dijadikan sarang nyamuk.

Baca Juga:Penggunaan IKD Di Kab. Cirebon Masih Rendah – VideoGenerasi Muda Diajak Melestarikan Budaya Daerah – Video

Tim dari Puskesmas Sidamulya, yang dipimpin oleh Dokter Farida, mengatakan bahwa fogging ini sebagai tindak lanjut penanganan kasus DBD di wilayah Astanajapura. Langkah ini diambil setelah dilakukan rapat lintas sektoral karena terjadi peningkatan kasus yang cukup tinggi. Bahkan, dari 24 kasus DBD pekan lalu, jumlahnya meningkat menjadi 30 kasus pekan ini.

Hingga saat ini, kasus peredaran DBD di wilayah kerja Puskesmas Sidamulya mengalami peningkatan hingga mencapai 30 kasus, dengan 3 kasus yang berujung pada kematian, termasuk 2 anak-anak dan satu lansia.

0 Komentar