Dari Jaman Manual Sampai Fitur Tambahan ,Yuk Tambah Wawasan Kita Dengan Sejarah Dispenser

foto
Foto/Sejarah Dispenser (reviewaz.id)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv-Dispenser adalah alat rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik untuk menjalankan elemen pemanas maupun mesin pendingin di dalamnya.

Dispenser air adalah alat elektronik rumah tangga yang di pakai untuk memasak atau memanaskan air, serta mendinginkannya.

Dispenser umumnya memiliki galon berkapasitas 19 liter air. Bagian atas dispenser adalah tabung berbahan stainless steel.

Baca Juga:Waduh !Meningkatkan Pertumbuhan Rambut dengan Bawang Bombay,Emang Bisa?,Yuk Gunakan Sekarang Juga! 5 Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan.

Sedangkan sisi luarnya terdapat lilitan pipa tembaga berukuran ¼ yang fungsinya mirip evaporator lemari es maupun AC.

Sisi luar tabung itulah yang bisa mendinginkan air. Bagian tersebut menjadi kompresor pendingin.

 Sedangkan pada dispenser yang bisa untuk memanaskan air, di dalamnya ada sebuah heater dengan daya 200-300 watt.

Untuk Sejarahnya tersendiri belum banyak yang tahu mengenai sejarah awal 

Sejarah DispenserJadi sejarah dispenser ini pertama kali di temukan oleh Luther Haws dan Halsey Willard Taylor di tahun 1906 karena terinspirasi oleh keran air.

Penemuan tersebut merupakan salah satu upaya dia dalam menyediakan air minum yang higienis.

Namun dari masa ke masa, dispenser tersebut mulai mengalami perkembangan. Diantaranya seperti berikut : 

Baca Juga:Ini Dia 4 Jenis Kandungan Nutrisi pada Keju Serta Kalorinya,Apa Saja Ya !Ini Dia Alsan Anak Anak Menyukai Keju,Yuk Simak Manfaat Keju Untuk Kesehatan Tubuh

Dipompa tangan (manual)Pompa menggunakan tangan bisa di katakan sebagai salah satu pengertian dispenser sederhana.

Di mana metode pompa manual menjadi awal mulanya di kenal sebuah metode mendistribusikan air dari sebuah wadah atau bejana ke wadah lainnya.

GalonGalon adalah dispenser pertama yang kemudian hadir sekitar tahun 1800-an. Dahulu, galon adalah sebuah wadah yang dapat menyimpan air dengan jumlah yang banyak.

Kemudian galon juga bisa mendistribusikan air menggunakan metode pompa.

OtomatisDispenser otomatis adalah perkembangan dari dispenser yang di ciptakan oleh Halsey Willard Taylor dan rekannya, Luther Haws tahun 1906.

Mengambil inspirasi dari sistem kran air, penemuan dispenser otomatis hadir sebagai solusi di sediakannya air minum yang dinilai lebih higienis.

Galon bawahGalon bawah adalah sejarah dispenser tahun 1950-an. Di mana penemuan tersebut menggunakan galon penyimpan air yang berada di bawah dispenser.

Proses pendistribusian air dalam galon menggunakan pompa.

Dispenser UVDispenser UV adalah penemuan akhir tahun 1990-an yang memanfaatkan teknologi UV dan galon bawah.

Keunggulannya adalah kualitas air yang tersimpan lebih aman dan efektif, karena bakteri dan kuman bisa di hilangkan dengan teknologi UV, serta adanya indikator air jika habis.

Dispenser dengan fitur tambahanDispenser dengan fitur tambahan yang lebih canggih dan efisien. Misalnya penambahan sistem pendingin, penyaring, pembersih, pengukuran hingga pembayaran otomatis, mulai hadir sekitar tahun 2000-an.

Itu dia Sedikit informasi sejarah mengenai Dispenser dari tahun ke tahun perubahan ya dari jaman manual sampai jaman moderen,semoga bermanfaat.

0 Komentar