Biar Makin Untung Yuk Cari Tahu Kelebihan Dana Campuran Beserta Cara Kerjanya.

Foto
foto/Kelebihan dan cara kerja dana reksa(sijago.pnmim.com)
0 Komentar

RadarCirebon.TvReksa Dana Campuran adalah salah satu jenis reksa dana yang di dalamnya terdapat beragam instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito dan juga pasar uang.

Komposisi portofolio pada reksa dana campuran tidak boleh melebih 79% dari masing-masing instrumen.

Sebagai contoh, sebanyak 75% alokasi dana pada reksa dana campuran di tempatkan pada instrumen saham.

Baca Juga:Apa Investasi Reksa Dana Campuran ? Yuk Cari Tahu Apa Itu Beserta Contohnya.Lakukan Ini Biar Makin Bersih ! 6 Tips Ampuh Membersihkan dan Mencuci Motor .

Sisanya di tempatkan pada obligasi atau pasar uang sesuai kebutuhan dari manajer investasi.

Investasi reksa dana campuran cocok untuk nasabah dengan profil risiko moderat yang ingin berinvestasi jangka menengah hingga jangka panjang dalam waktu 3-5 tahun.

1.1. Tingkat Keuntungan Kompetitif

Reksadana campuran menawarkan tingkat keuntungan yang cukup kompetitif (umumnya 10-20% per tahun).

Tentunya ini lebih tinggi di bandingkan dengan reksa dana pasar uang ataupun reksa dana pendapatan tetap. 

1.2. Pembagian Risiko Melalui Diversifikasi Portofolio

Saat kamu berinvestasi di reksa dana campuran dana investasi mu akan di tempatkan pada beberapa instrumen.

Dengan demikian, risiko kerugian dalam berinvestasi dapat di antisipasi, pembagian risiko ini sering di sebut juga pola diversifikasi.

Selain itu, ketika manajer investasi melakukan diversifikasi portofolio dengan baik maka keuntungan yang di peroleh akan maksimal.

1.3. Fleksibel dan Stabil Menghadapi Gejolak Ekonomi

Baca Juga:Yuk Simak Keunikan Mobil Hyundai Santa Fe, Crossover SUV,Mari Cari Tahu Mobil Keluaran Terbaru Ini.Fungsi dan Rekomendasi Oli yang Cocok Untuk Motor Vario 125,Simak Disini !

Di kondisi ekonomi yang bergejolak dan tidak menentu, reksa dana campuran dapat menjadi opsi untuk berinvestasi karena pengelolaannya cenderung fleksibel.

Dalam praktiknya, ketika bursa saham sedang anjlok maka manajer investasi akan memfokuskan investasi di instrumen yang lebih stabil seperti surat utang atau pasar uang. 

1.4. Cocok untuk Investasi Jangka Menengah Hingga Jangka Panjang

Produk reksa dana campuran dapat menjadi alternatif pilihan investor yang belum berani terjun langsung dalam investasi saham namun tetap ingin mendapat keuntungan yang maksimal.

Bagi kamu yang mempunyai tujuan investasi seperti dana pendidikan anak dan juga dana pensiun.

Kamu dapat berinvestasi pada reksa dana campuran karena sangat cocok untuk investasi jangka menengah hingga jangka panjang.

2.Cara Kerja Reksa Dana Campuran

2.1. Di kelola Oleh Manajer InvestasiSalah satu keuntungan dari berinvestasi di reksa dana ini adalah adanya Manajer Investasi yang akan mengelola dana investasi yang telah di setorkan.

Manajer Investasi ini akan bertugas untuk mengelola segala sesuai yang berkaitan dengan reksa dana campuran mulai dari mengelola hingga melakukan pembagian hasil berdasarkan keputusannya.

2.2. Dana Dari Investor Akan Ditempatkan Pada Sejumlah Instrumen InvestasiNah, setiap dana yang di setorkan oleh para investor atau nasabah akan di kelola lebih lanjut oleh Manajer Investasi.

Pengelolaan dana ini di lakukan dengan menempatkannya pada sejumlah instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito dan pasar uang.

Setiap instrumen yang di pilih tentunya berdasarkan hasil keputusan dari Manajer Investasi.

2.3. Seluruh Pengelolaan Reksa Dana Akan Dipantau Oleh Manajer InvestasiKamu nggak perlu khawatir uang yang kamu investasikan akan hilang karena seluruh kegiatan yang berlangsung di reksa dana berada di bawah pengawasan langsung Manajer Investasi.

Tugas utama dari Manajer Investasi ini adalah memantau kinerja reksa dana serta memastikan pembagian hasil sesuai dengan kondisi perekonomian atau market saat ini.

Itu dia beberapa kelebihan serta cara kerja dari investasi Reksa Dana Campuran,semoga bermanfaat.

 

0 Komentar