Tari Topeng Beling, Tari Topeng Yang Jarang Ditampilkan

Tari Topeng Beling, Tari Topeng Yang Jarang Ditampilkan
0 Komentar

Tari topeng Cirebon biasanya kita hanya mengenal topeng Kelana, Samba dan lainnya yang sering ditampilkan dalam suatu acara, namun ternyata Cirebon masih banyak memiliki seni yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Salah satunya adalah tari topeng Beling, untuk mempertunjukan tari topeng beling ini seorang penari sebelumnya harus dibacakan mantra dan ritual khusus agar dalam mempertunjukan tarian bisa berjalan dengan baik khusunya saat menginjak pecahan beling yang disiapkan di atas karung goni.

Penari yang sudah dibacakan mantra dan memakai topeng sangat agresif sehingga untuk menjaganya diperlukan beberapa orang agar tidak melakukan hal diluar pertunjukan.

Baca Juga:Pemasaran Roti Anjlok, Pengusaha Alami Kerugian Capai 500 Ribu Rupiah PerhariSulit Memupus Mata Rantai Tengkulak, Petani Garam Lokal Sukar Gapai Sejahtera

Tari topeng beling ini mampu menyita perhatian ratusan masyarakat yang melihat aksi penari bahkan sebagai rasa simpati banyak warga yang melakukan saweran dengan melemparkan uang ke penari tersebut.

0 Komentar