Taman Topeng Dipenuhi Sampah, Kerap Digunakan PGOT Untuk Menginap

Kondisi taman topeng yang berada di pertigaan jalan Merdeka kota Cirebon sangat memprihatinkan. Sejumlah pakaian tergeletak di sekitar taman tanpa tahu siapa pemiliknya, tak hanya itu sampah pun berserakan di area taman.

Jika menilik dari nilai sejarah, seharusnya taman topeng ini diperhatikan oleh pemerintah, pasalnya taman ini menjadi salah satu simbol kota Cirebon dimana terdapat tiga patung penari topeng yang menjadi salah satu tarian khas kota Cirebon, namun sayang taman ini kerap digunakan pengemis gelandangan dan orang terlantar atau pgot untuk bermalam.

Salah seorang warga setempat mengaku, meski sering disiram namun tak ada petugas kebersihan yang membersihkan halaman di sekitar taman. Warga berharap kondisi taman ini dipelihara agar terlihat baik khususnya bagi masyarakat yang melintas di sekitar jalan Merdeka.

Sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih untuk menjaga ruang terbuka hijau di kota Cirebon, salah satunya keberdaan taman yang selama ini dibiarkan tak terurus.