Waspada Marak Modus Penipuan COD, Tanpa Pesan, Barang Langsung Datang

Waspada Marak Modus Penipuan COD, Tanpa Pesan, Barang Langsung Datang
Msyarakat diminta berhati hati maraknya penipuan dengan modus Cash on Delivery (COD)
0 Komentar

SUMEDANG – Maraknya transaksi online harus membuat masyarakat lebih berhati hati lagi. Pasalnya, saat ini sedang marak modus pengiriman paket dengan system bayar di tempat atau cash in delivery (COD).

Salah satu korban moduk pengiriman paket COD menimpa salah satu warga di Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Nenden Kustini, yang hampir tertipu dengan modus pengiriman paket palsu dengan sistem COD.

Nenden bersama keluarganya mengakui belum pernah memesan barang mengatasnamakan shoppe dan dikirim salah satu kurir di Sumedang yang harus membayar ditempat.

Baca Juga:Warga Takut Pulang Malam Gara Gara Ulah Geng MotorTak Punya Alat, PMI Cianjur Kewalahan Layani Permintaan Fogging

“Merasa aneh, saya tidak pernah memesan barang melalui paket apalagi lewat shoppe aplikasi juga tidak ada tapi tadi pagi ada yang nganter atas nama anak saya Jajang,” katanya, Minggu, (16/1).

Dari situ kurir meminta uang bayar ditempat karena paketnya sistemnya gitu, tapi Nenden menegaskan tidak pesen barang dan sempat mengomili kurir tersebut.

“Iya tidak tahu masa harus bayar nominalnya lumayan besar dan saya serta anak saya tidak pesan paket tersebut dan diperlihatkan aplikasi shoppe anak saya tidak ada riwayat memesan,” sambungnya.

Sehingga, Nenden menolak paket tersebut karena emang yakin itu modus penipuan entah dari perusahaan atau kurirnya.

Setelah ditelurusi Jurnalis Sumeks, kejadian modus ini memang kerap terjadi dan termasuk modus penipuan paket serta sering penerima dengan mudahnya percaya membayar dan saat dibuka didalamnya barangnya bodong.

Sehingga untuk menghindari hal tersebut kita jangan sembarangan share alamat rumah di media sosial, karena hal inilah yang bisa menyebabkan dapat pesanan barang tanpa sepengetahuan kita.

Jangan sertakan alamat rumah secara lengkap di profil media sosial, untuk antisipasi adanya orang yang suka iseng yang ingin mengerjai kita.

Baca Juga:Gegara Curi Makanan, Oknum Petugas Pasar Pukuli ODGJ Hingga Babak BelurSatu Bulan Diresmikan Bupati, Jembatan 10 M Ini Sudah Rusak,

Serta selalu cek and ricek sesuai aplikasi marketplace kita karena disitu ada riwayat pesanan market place yang kita pesan apabila terjadi tersebut harus kita sikapi dengan bijak.(asg)

 

0 Komentar