6 Daging Termahal Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia

6 Daging Termahal Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia
0 Komentar

Daging merupakan salah satu sumber makanan hewani yang sering kita konsumsi. Harga daging pun beraneka ragam, mulai dari puluhan ribu hingga ada yang mencapai milyaran rupiah dan masuk kedalam kategori daging termahal di dunia.

Mahalnya harga sebuah daging ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sulitnya proses pengolahan serta keterbatasan jumlah hewan yang tersedia di alam liar.

Lalu daging apa saja yang masuk ke dalam daftar “daging premium” yang memiliki harga hingga milyaran rupiah ini ? berikut radarcirebon.tv berikan informasinya.

Baca Juga:10 Makanan Paling Enak di Dunia Yang Wajib Kamu Cicipi10 Jenis Pasta Paling Terkenal Di Dunia Berdasarkan Bentuknya

6 Daging Paling Mahal di Dunia :

Daging Bluefin Tuna

Harga : 90 juta rupiah per kilogram

Saat ini gelar daging termahal di dunia dipegang oleh Bluefin Tuna. Harga untuk 1 ekor bluefin tuna ini bisa mencapai milyaran rupiah.

Pada sebuah lelang yang dilakukan disebuah pasar ikan di Tokyo, bluefin tuna seberat 277 kilogram berhasil terjual dengan harga yang fantastis, yaitu sebesar 44 milyar rupiah kepada seorang pemilik restoran sushi yang bernama Kiyoshi Kimura.

Mengapa harga seekor bluefin tuna ini sangat mahal ? Hal ini disebabkan karena ikan ini jumlahnya sangat terbatas dan masuk dalam status terancam punah.

Perlu diketahui juga bahwa bluefin tuna adalah satu satunya tuna yang bisa hidup hingga 40 tahun dan memiliki berat hingga ratusan kilogram.

Daging Ikan Fugu

Harga : 4,5 juta rupiah per kilogram

Di Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan ikan Buntal. Ikan yang satu ini sangat jarang yang memakannya karena terdapat kandungan racun di dalam tubuhnya.

Meskipun berbahaya untuk dimakan, nyatanya di jepang sana ikan fugu ini menjadi salah satu menu kuliner yang cukup digemari.

Baca Juga:10 Museum Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak Di Dunia5 Masjid Terbesar Dari Berbagai Negara di Dunia

dailymail
6 Daging Termahal Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia

Mengapa daging ikan Fugu bisa begitu mahal ? Karena cara pengolahan ikan ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan harus dilakukan oleh chef berpengalaman serta memiliki sertifikat khusus pengolahan ikan fugu.

Daging Otoro Sushi

Harga : 365 ribu rupiah perbuah

Sushi menjadi makanan Jepang yang paling terkenal di dunia. Dari berbagai jenis sushi yang ada, otoro sushi menjadi yang paling mahal. Untuk satu potong sushi ini kamu harus membayar hingga 365 ribu rupiah.

tripadvisor
6 Daging Termahal Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia

Otoro sushi berasal dari bagian perut ikan Maguro ( bluefin tuna ) yang disebut harakami dan haranaka. Meskipun bagian tubuh ini memiliki banyak lemak namun tidak membuat rasanya menjadi enek.

Mengapa otoro sushi bisa memiliki harga yang mahal ? Ya tentu saja karena berasal dari daging tuna sirip biru yang begitu langka.

Daging Jamon Iberico

Harga : 68,5 juta rupiah perpotong

Jamon iberico merupakan salah satu daging paling mahal di dunia yang berasal dari kaki belakang babi hitam iberian.

Babi hitam iberia ini tergolong jenis babi langka yang ada di wilayah Selatan dan Barat semenanjung Iberia.

Jamon iberico memiliki rasa daging yang khas yang berasal dari biji pohon yang yang merupakan makanan utama babi ini.

thegeorgeinnmolash
6 Daging Termahal Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia

Salah satu yang menjadikan daging ini mahal adalah proses pembuatannya yang lama, dimulai dengan proses pengasinan yaitu mengubur daging ini kedalam garam selama 15 hingga 20 hari, dilanjut dengan menyimpannya diruang berudara selama 6 hingga 9 bulan yang kemudian diawetkan diruang bawah tanah selama beberapa tahun hingga mencapai rasa daging yang sesuai.

Selain menjadi daging babi termahal di dunia, jamon iberico juga diklaim sebagai daging babi paling enak di dunia.

Daging Kobe Wagyu

Harga : 6,6 juta rupiah per kilogram

Kobe wagyu atau daging sapi wagyu adalah daging sapi dengan rasa paling enak di dunia. Daging ini berasal dari sapi hitam tajima yang hanya ditemukan di daerah Kobe, Jepang.

Sapi penghasil daging kobe ini diperlakukan dengan sangat khusus dan istimewa, salah satunya dengan diberi makanan tambahan berupa jagung, kacang kedelai, jelai, gandum, dan bahkan sake.

Lalu faktor apa saja yang membuat kobe wagyu ini termasuk kedalam kategori daging termahal di dunia ? dikutip dari notesofnomads berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi :

  • Daging harus berasal dari sapi jantan atau betina yang masih perawan
  • Sapi harus lahir, dibesarkan dan diproses di daerah Prefektur Hyogo
  • Berat sapi tidak boleh lebih dari 470 kg
  • Harus mendapat nilai tertinggi A4 atau A5 serta mendapat skor BMS ( Beef Marbling Score ) 6 atau lebih.
  • Daging sapi kobe harus diberi nomer ID 10 digit, hal ini dilakukan agar keaslian daging dapat ditelusuri hingga ke sapi asalnya

Selain faktor diatas, yang membuat harga daging sapi kobe ini mahal adalah jumlah sapi yang terbatas, hanya sekitar 3 ribu ekor per tahunnya.

Harganya yang selangit tentu berbanding lurus dengan rasanya karena kobe wagyu ini adalah daging sapi paling enak di dunia.

Daging Ayam Cemani

Harga : 25 ~ 50 juta rupiah per ekor

Ayam Cemani atau yang dikenal juga sebagai ayam Selasih adalah ayam lokal asli Indonesia yang seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam. Bukan hanya bagian tubuhnya saja yang berwarna hitam, bahkan daging dan telurnya pun berwarna hitam

Cemani sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam. Ayam cemani memiliki 3 jenis yaitu Widitra, Warastratama, dan Kaikayi. Biasanya ayam cemani digunakan dalam ritual ritual mistis maupun pengobatan dan jarang sekali digunakan sebagai bahan konsumsi.

Karena jumlahnya yang sedikit maka harga ayam cemani bisa sangat mahal. Harga untuk 1 ekor ayam cemani dewasa bisa mencapai 25 juta rupiah, bahkan telurnya pun memiliki harga yang lebih mahal daripada telur ayam biasa yaitu bisa mencapai 100 ribu rupiah perbutirnya.

0 Komentar