Seberapa Dalam Waduk Jatigede Sumedang?

Seberapa dalam waduk Jatigede di Sumedang?
Seberapa dalam waduk Jatigede di Sumedang?
0 Komentar

Seberapa dalam waduk Jatigede di Sumedang?

RADARCIREBON.TV- Artikel ini membahas terkait Waduk di Jatigede Sumedang, Jawa Barat. Waduk Jatigede adalah sebuah waduk di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Pembangunan tank ini sudah di rencanakan sejak zaman Hindia Belanda.

Di bangun pada tahun 2008 pada masa kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono, waduk ini baru di resmikan pada tahun 2015 dan beroperasi penuh pada tahun 2017. Waduk ini di bangun dengan membendung Sungai Cimanuk di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Pembangunan tank ini sudah di rencanakan sejak zaman Hindia Belanda. Saat itu pemerintah Hindia Belanda berencana membangun tiga waduk di sepanjang Sungai Cimanuk, dan Waduk Jatigede merupakan waduk utama dan terbesar.

Baca Juga:Hotel di Pangandaran Untuk Keluarga: Berasa Rumah Sendiri!!Ini Dia Daftar Hotel Murah di Pangandara

Namun, pembangunan ketiga bendungan tersebut mendapat tentangan dari masyarakat setempat, sehingga pembangunannya terbengkalai. Baru pada tahun 1990-an rencana pembangunan Bendungan Jatigede kembali memanas. 

Waduk Jatigede Untuk PLTA

Seperti waduk lainnya, Waduk Jatigede memiliki fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain itu juga berfungsi sebagai tempat pemancingan air tawar, tempat olahraga air, tempat hiburan,dll. Waduk Jatigede berfungsi sebagai pusat irigasi bagi 90.000 hektar lahan pertanian produktif di Kabupaten Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Selain itu, air dari waduk Jatigede juga akan di gunakan untuk pembangkit listrik tenaga air berkapasitas 110 megawatt (MW) yang sedang di bangun PT PLN (Persero). Waduk ini juga menyuplai air bersih bagi warga setempat dengan kapasitas hingga 3.500 meter kubik per detik. Selain itu, waduk ini juga mengurangi banjir di kawasan seluas 14.000 hektar di Jawa Barat.

Selain keunggulan teknis, Waduk Jatigede juga menawarkan keindahan alam yang tercipta“secara tidak sengaja”melalui proses banjir. Puncak perbukitan di dataran banjir berpadu dengan badan air yang memantulkan langit biru, menciptakan pemandangan yang indah dan memesona. Keindahan ini di manfaatkan oleh masyarakat setempat dan di jadikan tempat wisata alam.

Banyak yang penasaran, kira-kira seberapa dalam bendungan kebanggaan masyarakat Jawa ini? Di sadur dari situs terpercaya, kedalaman waduk ini berkapasitas 979,5 juta meter kubik air. Waduk Jatigede merupakan danau buatan terbesar ke dua di Indonesia. 

0 Komentar