Menguak Mitos Waduk Darma Kuningan

Menguak Mitos Waduk Darma Kuningan
Menguak Mitos Waduk Darma Kuningan
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sambil nunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa menepi sejenak melihat pemandangan asri, tenang, dan caimik di Waduk Darma Kuningan.

Waduk Darma adalah sebuah danau yang indah di Kuningan, di rekomendasikan untuk rekreasi keluarga. Destinasi wisata alam Kuningan dengan keindahan yang mereka tawarkan. 

Waduk Darma

Waduk Darma merupakan waduk yang di bangun di Darma Kuningan untuk menampung air dari Sungai Cisanggarung. Sebelum jalan nasional 14 di puncak utara, menyebabkannya miring ke utara. 

Baca Juga:Kien Kih Daftar Wisata Religi CirebonApa Saja Yang Dekat Stasiun Pemalang?

Pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan dan panorama wisata air di Waduk Darma Kuningan. Tetapi ada juga mode berbeda yang tersedia.Salah satunya dengan menaiki perahu menuju area tengah Bendungan Darma yang cukup luas. Waduk Dharma seluas 425 hektar dan merupakan sumber pengairan bagi masyarakat dari Kabupaten Kuningan hingga Kabupaten Cirebon.

Dalam kondisi di renovasi, Waduk Dharma lebih nyaman, dan suasananya sangat asri. Jadi merasa nyaman selama Anda tinggal. 

Ada cerita menarik yang ada di waduk indah ini. Mitos yang terkenal yakni penghuni waduk berukuran raksasa adalah seekor ikan.

Konon, ikan raksasa ini bisa mengedipkan mata dan akan muncul ketika daerah tersebut akan mengalamin masalah dan musibah besar.

Selanjutnya, kabar yang bersliweran di waduk Darma ini adalah adanya seekor belut putih. Sudah dari dahulu masyarakat Kuningan meyakini adanya seekor belut albino yang menjaga waduk.

ada yang menyebut kalau belut putih merupakan siluman. belut putih kabarnya menjadi fakta, sebab ada warga yang pernah memanggil belut putih dengan umpan seekor kerbau.

Belut Putih di Sekitar Waduk

seketika belut putih muncul dan langsung melahap habis kerbau dengan satu gigitan.

Baca Juga:Wisata di Pemalang Terbaru, Cek Sekarang!Tempat Liburan di Bekasi Low Budget

Disamping pemandangan dan mitos yang melekati bendungan cantik ini nyatanya waduk darma berpran sebagai jantung kehidupan masyarakat Kuningan.

Pasalnya waduk ini di manfaatkan sebagai media budidaya ikan, PLTA, irigasi pertanian di bagian hilir hingga wilayah timur Kuningan, dan sebagai pemasok utama air bagi warga Cirebon dan Kuningan.

Nikmati keindahan alam nan asri di Waduk Darma Kuningan, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 rupiah.

0 Komentar