Nikmati Keindahan Situ Gunung Sukabumi, Dijamin Gak Mau Pulang!

Nikmati Keindahan Situ Gunung Sukabumi, Dijamin Gak Mau Pulang!
foto: Sabumi
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Keunikan Situ Gunung Sukabumi tak tergerus oleh perjalanan waktu.

Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan Perum Perhutani saat ini bertugas mengelola kawasan wisata alam yang menjadi rumah bagi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara itu.

Hal ini memperkuat persepsi Pesona Indonesia sebagai zamrud di garis khatulistiwa yang perlu dilestarikan untuk generasi mendatang.

Baca Juga:Rekomendasi 3 Hotel Kendal Kota yang Bisa Dijadikan Penginapan Liburanmu!Hotel Kendal Murah Mulai 100 Ribu-an

Kawasan Wisata Alam Curug Panjang yang memiliki lima pesona air terjun eksotis dan area berkemah dengan pemandangan alam yang asri merupakan destinasi wisata alam dengan konsep One Stop Vacations di sebelah utara Gunung Gede Pangrango yang saat ini sedang menjadi tempat liburan populer bagi warga Jakarta.

foto: Wisata Oke

Dipadukan dengan pemandangan buatan untuk memberikan kesan indah. Menjadi tempat wisata di Situ Gunung karena lokasinya berada di Taman Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi, wilayah yang tak terpisahkan bagian dari Taman Nasional Gunung Pangrango.

Daya Tarik

Jembatan Situ Gunung

Jembatan gantung Situ Gunung menjadi daya tarik paling menarik di kawasan ini. Kementerian Lingkungan Hidup dan dunia usaha berinisiatif membangun jembatan ini. Hampir 4 bulan, setelah dimulai pada Mei 2017, pembangunan selesai.

Kayu Ulin dari Guinea yang di gunakan untuk membangun jembatan ini terkenal sangat kuat. Kapasitas maksimal yakni 44 orang sekaligus dan beban maksimal 55 ton masih terkendala.

foto: instagram/ ridwankamil

Wahana populer ini memiliki panjang 243 meter dan menjulang setinggi 161 meter di atas tanah. Wisatawan dapat melihat ngarai yang mengarah ke Danau Situ Gunung dan kawasan Curug Sawer dari atas wahana ini.

Gelang khusus akan di berikan kepada pengunjung sebagai otorisasi untuk melintasi jembatan. Tetap pakai gelang ini, karena akan diperiksa kembali ketika pulang.

Anda harus menempuh rute lama yang lebih sulit jika Anda tidak memiliki gelang saat kembali ke rumah.

Baca Juga:Paling Diburu! Ini 3 Kuliner Malam Purwokerto yang Mantap AbissCuma 100 Juta-an! Honda Amaze yang Irit BBM

Keindahan Danau Situ Gunung

Danau ini di ciptakan oleh manusia. Meskipun demikian, itu sama indahnya dengan danau di alam yang berair jernih.

Ada beberapa jenis pulau kecil di danau yang di selimuti rerumputan yang rimbun. Selain pemandangannya yang menakjubkan, danau ini di buat lebih menarik dengan kicau kutilang, perenjak, dan burung lainnya.

Menurut legenda, Mbah Jalun, juga di kenal sebagai Rangga Jagad Syahadana, adalah seorang penguasa Mataram yang pada tahun 1800-an menentang Belanda dan berjasa menciptakan danau ini.

Telaga ini adalah caranya mengungkapkan rasa terima kasih atas kelahiran Rangga Jaka Lulunta.

Danau ini menjadi lokasi piknik favorit dan sering menjadi bahan foto karena keindahannya.

Mereka yang tidak menyukai keramaian mungkin mencari lokasi yang jauh dari keramaian sehingga mereka dapat menikmati kedamaian dan ketenangan sambil melihat keindahan daerah sekitar danau.

Air Terjun Curug Sawer

Anda dapat mencapai Curug Sawer dari jembatan gantung dengan berjalan kaki hanya 10 hingga 15 menit dari ujung jembatan. Treknya juga tidak menantang.

Langkah-langkah telah terbentuk dalam bentuk pasang surut berbatu. Jembatan bambu yang di butuhkan masih dalam kondisi baik.

Ketinggian air terjun adalah 35 meter. Ada jembatan di depan air terjun yang bisa di gunakan untuk kesempatan berfoto dengan latar belakang air terjun.

Beberapa ratus meter di depan air terjun, terdapat teras atau paviliun permanen di atas sungai.

Masih banyak daya tarik dari objek wisata Situ Gunung Sukabumi ini.

Fasilitas

Fasilitas dari tempat wisata ini yaitu, tempat parkir yang memadai, toilet dan kamar mandi yang bersih, warung dan kafe, penginapan berbayar, wahana fying fox, perahu sampan, camping ground dan lain-lain.

Lokasi

Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini berada di ketinggian 850 mdpl.

Tiket

Tiket masuk ke lokasi ini hanya di kenai biaya 18.000 rupiah, yang merupakan harga yang sangat wajar. Untuk mengunjungi jembatan gantung 50 ribu rupiah untuk tiket dewasa dan 25 ribu rupiah untuk tiket anak.

Selain itu, Anda harus membayar lagi berdasarkan wahana yang Anda pilih jika ingin mencoba berbagai wahana di sana.

Misalnya, perahu sampan berharga sekitar 20.000 rupiah, dan flying fox memiliki biaya tiket 75.000 rupiah.

Dengan membayar biaya tambahan sekitar 32 ribu rupiah per orang, Anda juga bisa berkemah atau berkemah di lokasi ini.

Untuk tiket camping, harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, jasa tour, dan tiket asuransi.***

0 Komentar