Ternyata, Tempe Mendoan Banyumas Punya Sejarah yang Unik di Balik Rasanya yang Enak

Ternyata, Tempe Mendoan Banyumas Punya Sejarah yang Unik di Balik Rasanya yang Enak
tempe mendoan banyumas (tangkap layar YouTube Restart RF)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Salah satu makanan dari Banyumas yaitu tempe mendoan, merupakan camilan berbentuk gorengan yang mempunyai rasa enak.

Jika kebanyakan, gorengan akan mempunyai tekstur yang renyah, berbeda dengan jenis gorengan yang satu ini.

Meskipun demikian, namun tetap saja, pecinta gorengan ini masih ada saja dan kerap di jadikan hidangan atau camilan.

Baca Juga:Wajib Kunjungi Tempat Wisata Ini Saat di Banyumas ya, BestieHP Mirip iPhone Selain Nokia Edge 2022, Apa Aja Tuh?

Sejarah Tempe Mendoan Banyumas

Ada fakta menarik dari gorengan yang satu ini. Konon, pada tahun 2021, tempe mendoan masuk ke dalam warisan budaya tak benda Indonesia pada siding Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Tak di sangka bukan, camilan gorengan ini ternyata bisa menjadi warisan budaya di Indonesia.

Keunikan dari gorengan ini memang menjadi daya tarik bagi penikmatnya. Cara membuatnya lah yang akhirnya menghasilkan rasa yang enak dan kerap di jadikan makanan favorit oleh beberapa orang.

Cara membuat gorengan ini sederhana. Membuatnya pun hampir sama dengan membuat gorengan tempe. Tetapi, yang membedakannya yaitu pada cara memotong tempenya serta lama memasak.

Tempe yang biasa di gunakan untuk membuat gorengan ini yaitu menggunakan tempe tipis dengan ukuran yang lebar.

Lalu, lumuri dengan adonan tepung untuk menyelimutinya. Tak lupa, adonan tersebut juga di beri dengan tambahan irisan daun bawang untuk memberikan aroma sedap pada gorengan.

Nah, di sini letak perbedaan lainnya. Setelah di balut dengan adonan tepung, goreng di minyak yang panas hingga setengah matang. Jika sudah setengah matang hingga terlihat berwarna sedikit  kuning pada gorengan tersebut, angkat gorengan dan tiriskan.

Baca Juga:Resep Semur Ayam Sederhana yang Bikin Auto Nambah NasiCek Harga Sepeda Motor Terbaru dari Yamaha dengan Fitur Menawan

Penyajiannya pun bisa menggunakan cabai rawit ataupun dengan tambahan kecap yang sudah di beri irisan cabai.

Di balik rasanya yang enak, ternyata ada sejarah di baliknya. Asal kata tempe mendoan Banyumas yaitu mendo yang mempunyai arti matang menurut bahasa Banyumas.

Unsur penamaan tempe mendoan, ternyata berasal dari cara memasaknya tersebut. Konon, cara memasaknya yang cepat karena untuk mempersingkat waktu, di mana pada zaman dahulu, gorengan ini merupakan makanan cepat saji.

Setelah membacanya hingga akhir, apakah kamu sudah tertarik untuk membuatnya? Yuk, buat camilan gorengan ini dan nikmati selagi hangat bersama orang terdekatmu.

0 Komentar