Sama Namun Tak Serupa, Sebelum Membelinya Ketahuilah Perbedaan Smart TV dan Android TV Kamu Tim yang Mana?

Geekysoumya
Geekysoumya
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Pengguna Smart TV mau Android Tv mungkin sudah menjamur di pasaran . Tapi apakah kamu tahu perbedaan Smart Tv dan Android TV?

Keberdaannya bisa membatu masyarakat dalam mencari informasi dan hiburan.

Smart Tv mempunyai keunggulan berupa kemudahan akses layanan siaran TV berkat fiturnya yang terbilang lebih canggih. Selain Smart Tv yang menjadi satu-satunya jenis perangkat dengan benefit serupa ada yang tak kalah canggih yaitu Android tv.

Android Tv pun menjadi perangkat yang turur di lengkapi denga fitur yang serupa Smart TV. Mungkin jika di lihat antara keduanya memiliki kesamaan namun, ternyata memiliki perbedaan loh.

Baca Juga:Bosen ke Mall Terus? Ajak Pasangan Kamu Glamping ke Situ di Daerah Ciwidey, Situ Patenggang: Harga dan FasilitasBukan Bemo Bukan Juga Bajaj, Ini Dia Mobil Roda Tiga yang Sudah Rilis di Indonesia: Kurang Dari 20 Jutaan Loh!

Pengertian Smart TV

Smart Tv atau biasa sering di sebut juga dengan berinternet adalah elektronik yang memiliki fungsi Tv pada umumnya yaitu untuk menonton tayangan. Namun tayangan yang ingin di tonton perlu koneksi internet.

Maka dari itu Smart Tv ini tidak hanya menayangkan tontonan pada umumnya melainkan juga bisa menonton untuk konten online atau streaming di berbagai aplikasi seperti, tayangan di Amazon Prime Video, Netflix, dan Youtube.

Setiap perangkat Smart Tv juga telah di bekali dengan sistem operasi bawaan yang berbeda-beda. Biasanya berupa Tizen OS dan WebOS.

Pengertian Android TV

Secara garis besar Android Tv memiliki kemampuan yang serupa dengan Smart TV. Pengguna dapat mengakses siaran Tv digital dan menjalankan beragam aplikasi hiburan yang akan di tonton.

Hal ini yang menjadikan perbedaan dasar dengan Smart Tv. Memiliki fungsi yang sama namun, memiliki sistem pengoperasian yang berbeda karena menggunakan sistem Android.

Perbedaan Smart TV dan Android TV

1. Tampilan

Smart TV memiliki tampilan yang lebih mudah untuk di pahami. Format pengoperasian sistem smart TV tidak jauh beda dengan TV analog.

Sementara untuk Android TV lebih kompleks, apalagi kalau kamu sebelumnya belum pernah menggunakan sistem Android di perangkat lain seperti di Hp.

Baca Juga:Ada Mobil Seharga Motor? City Car Mini Murah Cuman 20 Jutaan Aja, Sedang Diburu Para Konsumen!Kaum Rebahan Wajib Tahu Ini! 5 Rekomendasi Kasur Lantai untuk Bersantai: Ada Kasur Palembang Juga Loh

2. Pengaturan

Pengaturan pada Smart TV sebetulnya tidak di perlukan karena umumnya sudah tertera sesuai dengan sistem bawaan.

Berbeda dengan Android TV, pengaturan harus di lakukan secara manual.

3. Fitur

Pada Android TV sudah di lengkapi dengan fitur mikrofon sehingga pengguna bisa menggunakan layanan Google Assistant untuk memberi perintah kepada TV menggunakan suara

Sedangkan untuk pengguna Smart TV tetap harus memerintah dengan memencet remote dan mengetik di fitur keyboard yang juga ada di Android TV.

4. Aplikasi

Untuk Aplikasi sebetulnya Android jauh lebih di unggulkan karena Smart TV merupakan aplikasi bawaan dari sistem.

Saat kamu membeli Android TV, tidak ada aplikasi Netflix maka kamu bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store, kemudian mengunduhnya sendiri.

Sedangkan jika kamu membeli smart TV, sudah tersedia aplikasi Netflix dan Youtube. Kamu bisa menggunakan kedua aplikasi ini. Tetapi jika tidak, kamu tidak bisa mengakses aplikasi tersebut.

5. Koneksi

Pada umumnya Android TV sudah di lenkapi dengan fitur bluetooth sehingga pengguna dapat menghubungkan perangkat tambahan dengan mudah.

Selain itu juga Android TV di lengkapi dengan Chromecast yaitu, teknologi dari Google yang mampu menghubungkan dua perangkat dengan mudah dan langsung.

Sedangkan untuk Smart TV membutuhkan perangkat tambahan untuk memunculkan fitur koneksi ini, seperti kabel HDMI, USB, dan lainnya.

Jadi kamu yang mana?

0 Komentar