Mapagsri Kec. Mundu Kolaborasikan Budaya & Pertanian

0 Komentar

Pemerintah Kecamatan Mundu melaksanakan pentas seni mapag sri. Kegiatan mapagsri berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, melalui penampilan tari tradisional.

Pemerintah Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta unsur pertanian, menggelar kegiatan pentas seni mapagsri. Pentas seni mapagsri yang kegiatannya dipusatkan di kantor Kecamatan Mundu ini, mengusung konsep eksplorasi budaya tradisional dan hasil bumi.

Tari topeng dan tari jaipongan dari sanggar seni di wilayah Kecamatan Mundu, tampil memukau dihadapan para tamu undangan. Kolaborasi antara kesenian dalam perayaan mapagsri ini, menjadi budaya yang tak terpisahkan bagi masyarakat Mundu, terlebih ditahun-tahun sebelumnya kegiatan mapagsri terselenggara megah dengan perlombaan budaya dan arak-arakan hasil bumi.

Baca Juga:KNPI & YPPC Gelar Geguneman Budaya40 Tahun Desa Panunggul Jadi Momentum Kebersamaan

Menurut Camat Mundu, mapagsri ini merupakan identitas yang melekat bagi masyarakat di Kecamatan Mundu, dan akan terus dilestarikan bahkan menjadi agenda rutin tahunan. Terlebih pemerintah kecamatan memiliki dana PIK, yang dialokasikan untuk kegiatan maupun perayaan seperti mapagsri ini.

Penampilan para penari muda tradisional ini, juga menjadi upaya pemerintah Mundu serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menghidupkan dan membangkitkan semangat para pelaku seni. Terlebih banyak sanggar seni di Kecamatan Mundu yang didalamnya terdapat generasi muda, yang sangat konsen terhadap pelestarian budaya.

Sementara, selain mengeksplorasi kebudayaan, mapagsri ini merupakan bentuk perhatian terhadap sektor pertanian. Terlebih hasil bumi di Kecamatan Mundu diklaim sangat lengkap, dengan beraneka ragam produksi pertanian pangan yang sampai saat ini masih sangat produktif.

0 Komentar