Hobi Koleksi Uang Kuno? Siap-siap, Bisa Cuan Hingga Ratusan Juta Nih!

Hobi Koleksi Uang Kuno? Siap-siap, Bisa Cuan Hingga Ratusan Juta Nih!
Hobi Koleksi Uang Kuno (radarcirebon.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Masing-masing orang tentu akan mempunyai hobi atau kesenangannya. Ada yang hobi memasak, menggambar, bermain game hingga koleksi uang kuno.

Semua hobi tersebut bisa mendatangkan kesenangan bahkan cuan, tergantung bagaimana bisa mengembangkannya.

Dengan begitu, setiap hobi yang bermanfaat, patut untuk di tekuni agar bisa berkembang menjadi cuan atau mata pencaharian.

Baca Juga:Cobain! Nonton Android TV Bisa Lewat PC atau Laptop dengan Android TV x86HP Murah dengan Harga Jual di Bawah 1 Juta, Ada Nokia Hingga Samsung

Hobi Mengoleksi Uang Kuno

Dari semua hobi yang ada, ada salah satu hobi yang mungkin di anggap unik yaitu koleksi uang kuno. Hobi tersebut bisa di sebut dengan numismatik atau sebuah kegiatan mengumpulkan benda-benda yang berkaitan dengan uang.

Uang yang di koleksi pun bisa dalam bentuk uang kertas, uang koin maupun barang bersejarah lainnya yang pernah di gunakan sebagai alat transaksi pada zaman dahulu.

Bak mengumpulkan benda berharga, uang kuno juga demikian bagi yang mengoleksinya. Sebab, uang kuno seolah barang seni yang memiliki nilai histori juga nilai estetik di dalamnya dengan desain yang berbeda-beda.

Namun jangan salah, ternyata hobi ini bisa mendatangkan untung hingga ratusan juta. Keuntungan tersebut bisa di dapatkan dengan cara menjualnya kepada kolektor yang biasanya mau mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

Untuk yang hobi koleksi uang kuno, silahkan bisa lihat harga jualnya. Ada beberapa jenis pecahan yang konon dapat laku hingga angka ratusan juga. Berikut daftar uangnya, seperti yang di lansir dari IDX Channel.

Daftar Uang Kuno Indonesia

1. Uang Koin Rp25, Rp50, Rp100 dan Rp1.000

Uang dengan pecahan di atas, konon bisa laku hingga angka Rp100 juta. Namun untuk Rp1.000, bisa juga di tawar dengan harga Rp5.000 hingga Rp10 ribu per kepingnya. Begitupun dengan uang Rp100 untuk uang bentuk kertas, bisa terjual dengan harga Rp1.500 hingga Rp10.000 per lembarnya.

Namun perlu di perhatikan, untuk koin Rp25 yang menghasilkan nilai jual tersebut yang merupakan terbitan tahun 1992. Kemudian untuk pecahan Rp1.000, berupa uang koin dengan gambar kelapa sawit dengan warna putih dan kuning tahun 1993.

Baca Juga:City Car dari Wuling Punya Sunroof dan Harga 70 Jutaan, Jalan Ngebut Pun Gak BerisikGak Ada Obat! HP Nokia Terbaru 2023 dengan Harga Mulai 1 Jutaan

Begitupun untuk uang kertas pecahan Rp1.000, yang bergambar Jendral Soedirman dengan burung garuda. Sementara untuk pecahan Rp100, bisa berupa pecahan koin dan pecahan uang kertas dengan gambar pinisi.

2. Uang Koin Rp200

Untuk pecahan 200 rupiah, taksiran harganya dapat mencapai angka Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Adapun ciri untuk uang ini yaitu dengan gambar lukisan burung cendrawasih keluaran tahun 1945 hingga 1970.

3. Uang Kertas Rp500 dan Rp5000

Pecahan Rp500 mempunyai taksiran sebesar Rp5.000 hingga Rp199 juta dengan gambar orang utan. Sementara untuk pecahan Rp5.000 mempunyai taksiran lebih dari Rp100 juta untuk yang bergambar perempuan dengan kebaya sambil memegang padi.

Demikian, itulah daftar uang kuno di Indonesia yang mempunyai taksiran harga tinggi. Bagi yang suka koleksi uang kuno, silahkan dapat melihat daftarnya di atas. Namun perlu di ketahui, harga dari masing-masing uang bisa berbeda, tergantung dari kesepakatan antara penjual dan pembeli.

0 Komentar