Pemdes Pasawahan Siagakan Ratusan Relawan

0 Komentar

Pemerintah Desa Pasawahan menyiagakan ratusan relawan untuk membantu petugas, melakukan proses pemadaman kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Kepala Desa Nurpin Panuju menyebutkan, jumlah relawan yang siap setiap saat dikerahkan mencapai 200 warga desa, mereka berguliran menjalankan tugas, untuk diperbantukan dalam proses pemadaman.

Ratusan warga yang terdata ini berasal dari relawan masyarakat peduli api, dan anggota Kelompok Tani Hutan.

Baca Juga:Nelayan Minta 2 Sisi Sungai Dibangun DermagaKebakaran Gunung Ciremai

Dakam 4 hari terakhir, para relawan turut serta memantau kawasan perbatasan desa dengan taman nasional, dan melakukan pemadaman manual jika menemukan titik api.

Kades berharap, koordinasi proses pemadaman antara warga desa dengan petugas gabungan, terus ditingkatkan. Mengingat penanganan karhutla merupakan kewajiban bersama, khususnya dengan desa penyangga kawasan TN

Dalam laporan hari Minggu, beberapa relawan dilaporkan jatuh sakit, setelah 4 hari bergiliran turut serta melakukan pemadaman siang dan malam.

Pemdes menegaskan siap berkolaburasi dengan para stake holder di Gunung Ciremai untuk penanganan dan pencegahan karhutla.

Masukan masyarakat yang ditampung pemdes diantaranya usulan dibuatnya tower pemantau karhutla, dan perlunya sebuah sistem pengawasan, terhadap siapa saja yang memasuki kawasan taman nasional

0 Komentar