Normalisasi Saluran Irigasi Cegah Banjir Di Perkotaan Brebes

0 Komentar

Menghadapi musim penghujan, sejumlah titik saluran irigasi di di Kota Brebes, dilakukan pengerukan yang menjadi pemicu luapan air, jika hujan deras mengguyur, dan mengakibatkan banjir.

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Brebes, saat ini tengah gencar melakukan pengerukan sejumlah titik saluran irigasi atau pengerukan di sejumlah titik wilayah perkotaan.

Kepala DPSDATR Brebes, Abdul Majid, mengatakan, normalisasi, tidak hanya dilakukan dengan cara mengeruk alur air dengan alat berat, tapi sekaligus membetulkan tanggul pinggiran saluran irigasi.

Baca Juga:Gudang Bulog Cimohong Jadi Penyimpanan Logistik Pemilu Mantulnya Seblak Arkib

Menurut Majid. Normalisasi dilakukan mengeruk saluran irigasi yang dangkal, karena bila dibiarkan akan menyebabkan banjir, di wilayah perkotaan. Normalisasi juga dilakukan untuk memperlancar air menuju areal lahan pertanian.

Pihak Pemkab Brebes juga meminta kepada masyarakat untuk ikut andil, menjaga aliran air baik di sungai maupun irigasi, untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, karena bisa memicu banjir karena air yang mengalir tidak lancar akibat tumpukan sampah

0 Komentar