Bagaimana Sistem Pembelajaran di Universitas Terbuka? Berikut Penjelasan Lengkapnya Untukmu

Universitas Terbuka di Cirebon/Quipper Kampus
Universitas Terbuka di Cirebon/Quipper Kampus
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Universitas Terbuka adalah konsep pendidikan yang memberikan kesempatan kepada individu dari berbagai latar belakang untuk mengejar pendidikan tinggi dengan cara yang lebih fleksibel dan dapat di akses.

Salah satu keunggulan utama UT adalah bahwa mereka tidak membatasi geografis, sehingga mahasiswa dapat belajar dari mana saja.

Program-program universitas terbuka sering kali menawarkan berbagai jurusan, mulai dari ilmu sosial hingga teknik dan bisnis.

Baca Juga:Nikah atau Kuliah S2 ya? Kuliah Dulu Yuk! Ini 10 Persyaratan yang Harus Kamu Penuhi Untuk Lanjut S2Agendakan Nongkrong Dadakan Bareng Teman-temanmu! Nih 5 Rekomendasi Caffe di Cirebon yang Hits dan Instagramabel Banget

Mereka mengintegrasikan metode pembelajaran online, kursus jarak jauh, dan sumber daya pendidikan daring untuk membantu mahasiswa belajar sesuai kecepatan mereka sendiri.

Keuntungan besar lainnya adalah fleksibilitas waktu. Mahasiswa UT dapat bekerja penuh waktu atau mengurus keluarga sambil mengejar gelar mereka.

Dengan ini adalah cara alternatif yang ideal bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan keterbatasan geografis.

Selain itu, saat kamu berkulaih di universitas terbuka sering kali lebih terjangkau di bandingkan dengan universitas tradisional.

Mereka menawarkan biaya kuliah yang lebih rendah dan dapat mengurangi biaya hidup yang terkait dengan tinggal di kampus.

UT adalah alat yang kuat untuk mengurangi kesenjangan pendidikan dan membantu orang-orang dari berbagai latar belakang untuk mengakses pendidikan tinggi.

Mereka membuka pintu menuju peluang pendidikan yang lebih besar dan memberikan kesempatan kepada individu untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dapat membantu mereka dalam karier dan kehidupan mereka.

Baca Juga:Supaya Ayang Gak Cemberut, Malem Mingguan Ajakin Nonton di Cinema XXI CSB Mall, Ini Dia Daftar Film dan Jadwal Tayangnya Hari IniMau Kencan Malem Mingguan Bareng Doi? Nih 4 Tempat Nongkrong Asyik di Cirebon yang Suasananya Romantis Banget

Sejarah Universitas Terbuka

Universitas Terbuka Indonesia termasuk Universitas Terbuka Cirebon. UT adalah perguruan tinggi negeri yang resmi berdiri pada 4 September 1984, menjadikannya perguruan tinggi negeri keempat puluh lima yang resmi berdiri di Indonesia.

UT memiliki empat fakultas yang menawarkan program sarjana dan diploma. Kemudian, di tahun 2004, UT membuka program pascasarjana dengan jenjang magister. Di tahun 2019, program pascasarjana juga memiliki jenjang doktoral.

Tentang Pembelajaran di UT

Sistem pembelajaran UT bukan hanya terbuka, tetapi juga berjarak jauh. UT tidak memiliki batasan bagi siapapun yang ingin belajar di sana. Oleh karena itu, Universitas Terbuka juga tidak menetapkan usia minimum atau maksimum untuk mahasiswanya. Universitas ini membutuhkan lulusan sekolah menengah atau lulus ujian setara.

Kemudian yang di maksud dari jarak jauh adalah bahwa pembelajaran di Universitas Terbuka tidak berlangsung secara tatap muka akan tetapi secara jarak jauh dengan memanfaatkan banyak media dan teknologi yang ada. UT di Cirebon memiliki akreditasi yang sama dengan Universitas Terbuka lainnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi atau BAN-PT nomor 367/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2019, UT di nyatakan telah memiliki nilai akreditasi B atau berpredikat sangat baik.

Fakultas dan Program Studi di UT

Empat fakultas membentuk Universitas Terbuka Cirebon: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Politik (FHISIP). Universitas Terbuka juga menawarkan Program Pascasarjana dan Sertifikat.

Ada banyak jurusan dan program studi yang tersedia saat ini, seperti Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Fisika, dan banyak lagi. Selanjutnya, Prodi S1 Manajemen, S1 Pariwisata, dan sebagainya. Selanjutnya, Prodi S1 Statistika, S1 Matematika, dan banyak lagi. Terakhir, FHISIP, yang memiliki Prodi S1 Ilmu Hukum, dan lain-lain.

Sistem Pembelajaran di Universitas Terbuka

Selanjutnya, sistem pembelajaran yang di sebutkan di atas tersedia di UT Cirebon. Sistem pembelajaran jarak jauh menggunakan berbagai media untuk membantu siswa belajar. Tidak hanya internet, yang saat ini dapat di akses oleh banyak orang, tetapi media lainnya juga di gunakan untuk kepentingan pendidikan.

Modul, audio, video, siaran radio, dan siaran televisi adalah contoh media selain internet. Pada dasarnya, mahasiswa UT di tuntut untuk dapat belajar dengan inisiatif sendiri, dan pembelajaran mereka sudah di dukung oleh sumber daya pembelajaran yang tersedia bagi mereka di UT. Namun, mahasiswa tetap memiliki kebebasan untuk mengakses sumber daya pendidikan tambahan.

Biaya Kuliah di UT

Untuk tetap eksis di era global saat ini, UT Cirebon pasti membutuhkan uang dari siswanya. Biaya kuliah dan layanan akademik lainnya sebagian besar terdiri dari biaya kuliah di UT.

Uang kuliah skema layanan Sistem Paket Semester, juga di kenal sebagai SIPAS, terdiri dari beberapa komponen. Biaya kuliah yang di bayarkan melalui skema SIPAS berkisar antara 1.150.000 dan 3.650.000, dan biaya administrasi akademik lainnya berkisar antara 50.000 dan 100.000.

Universitas Terbuka di Cirebon

Universitas Terbuka di Cirebon ada dalam bentuk Sentral Layanan Universitas Terbuka. Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) adalah fasilitas yang di sediakan oleh UT untuk masyarakat umum, mahasiswa, dan calon mahasiswa yang ingin tahu lebih banyak tentang UT. SALUT juga membantu kegiatan akademik dan lainnya.

Seperti yang di sebutkan sebelumnya, UT adalah perguruan tinggi dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ). Oleh karena itu, di bangunlah SALUT untuk memberikan pilihan tambahan bagi mahasiswa UT untuk berkuliah sesuai dengan sistem resmi kampus.

Ini menunjukkan bahwa Universitas Terbuka Cirebon telah menghentikan operasinya di kota. Apakah minat Anda terbayar dengan membaca artikel ini? Jangan ragu untuk menghubungi kami jika artikel kami membantu Anda.

`

0 Komentar