Bimtek Hari Pertama KPPS Kelurahan Kalijaga

0 Komentar

Bimbingan teknis bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara diselenggarakan pada 26 hingga 29 Januari secara serentak di seluruh Indonesia. Kelurahan Kalijaga dengan jumlah 108 TPS, mengadakan simulasi tugas pemungutan suara hingga penggunaan aplikasi KPU Sirekap bersama PPS dan PPK Kecamatan Harjamukti

KPPS Kelurahan Kalijaga melaksanakan bimbingan teknis pemungutan suara pemilu 2024, bertempat di aula Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Dalam sesi pertama, Jumat pagi, sebanyak 126 petugas dari 18 TPS mengikuti arahan teknis dari Ketua PPS dan perwakilan anggota PPK, terkait pengambilan suara hingga rekapitulasi suara melalui aplikasi KPU Sirekap.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bimtek pemilu 2024 diikuti tidak hanya perwakilan Ketua KPPS dan satu anggota, kini diwajibkan untuk diikuti oleh semua petugas KPPS. Simulasi yang diberikan akan menggambarkan situasi nyata di TPS dan studi kasus dari kesalahan yang pernah dilakukan, agar tidak terulang kembali.

Baca Juga:Menikmati Pesona Alam Wisata Desa Cibuntu Brutal Pantura Ala Cirebon

Ketua PPS Kalijaga, Subandi menuturkan, selain pelaksanaan bimtek bagi petugas KPPS, pada saat hari H pemilu 2024, anggota PPS juga akan memonitoring kinerja di lapangan, untuk membantu KPPS jika sampai terjadi kendala dalam proses pemungutan suara.

Dengan pelaksanaan bimtek bagi anggota KPPS diharapkan, dapat meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih serta meminimalisir kesalahan pemungutan suara oleh petugas pada pelaksanaan pemilu serentak

0 Komentar