Pemdes Kawunghilir Gelar Tradisi Munggahan – Video

Pemdes Kawunghilir Gelar Tradisi Munggahan
0 Komentar

Syukuran atau dikenal dengan istilah Munggahan, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, keluarga besar Pemerintah Desa Kawunghilir mengadakan kumpul bersama dengan masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi dan kekompakan pada Jumat sore. Uniknya, selain bermusafahah salam-salaman, juga ada momen makan bersama dengan menu yang dibawa oleh seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Pemerintahan Desa (Pemdes) Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, melaksanakan tradisi Munggahan pada Jumat sore. Selain sebagai bentuk rasa syukur, Munggahan ini juga sebagai bentuk silaturahmi dan sinergitas antara Pemdes dan masyarakat Kawunghilir.

Munggahan yang digelar di halaman rumah Kades ini, dihiasi suasana penuh keakraban. Selain musapahah salam-salaman, juga terdapat hiburan karaoke hingga makan bersama. Menariknya, para warga yang hadir berbondong-bondong ikut membawa aneka makanan dari rumah masing-masing, kemudian disantap bersama yang menjadikan momen sederhana ini penuh dengan suasana kekeluargaan.

Baca Juga:Ketua Majelis Sidang Panel MK: Gugatan Masa Jabatan KPI Dalam Rangka Pembenahan Sistem KetatanegaraanBakmi Telur Bebek Sen Sen – Video

Kepala Desa Kawunghilir, Yosa Novita, menyampaikan bahwa acara tradisi Munggahan telah dilaksanakan sebanyak 3 kali selama dirinya menjabat. Selain sebagai ajang silaturahmi dan bermaaf-maafan, juga sebagai hiburan sederhana untuk memperkuat sinergitas antara pemerintah dan masyarakat. Ia mengaku bahwa selain Munggahan, pertengahan bulan puasa mendatang, pihaknya akan kembali menggelar acara buka bersama dengan seluruh masyarakat Kawunghilir.

Selain masyarakat, Munggahan ini juga dihadiri Camat Cigasong, Oo Taufik, Wakapolsek Cigasong Tohari, Ketua BPD Kawunghilir, hingga para Babinsa. Camat Oo Taufik sangat mengapresiasi tradisi Munggahan ini, karena setidaknya mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

0 Komentar