Longsor di Desa Cibenda: 10 Warga Hilang, 25 Rumah Warga Rusak Parah

dok.ist
longsor di cibenda/foto:JABAR EKSPRES
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tragedi tanah longsor yang terjadi di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kabupaten Bandung Barat, telah menyebabkan sepuluh warga dilaporkan hilang.

Kejadian ini berlangsung setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut selama lebih dari dua jam, menyebabkan longsor pada Minggu dini hari.

Melansir dari JABAR EKSPRES, Akibat peristiwa itu, sebanyak 25 rumah dan 10 warga masih tertimbun longsor, 2 warga mendapatkan perawatan di RSUD Cililin dan 1 orang lainnya dirawat di pengungsian.

Baca Juga:Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Kecamatan Cipongkor dan Rongga di Bandung BaratGeger! Warga Cangkuang Temukan Bayi di Atas Balai Pos Kamling: Masih Hidup!

Camat Rongga, Rega Wiguna menjelaskan, bencana longsor ini terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi menerjang kawasan tersebut dengan waktu yang cukup lama.

Ia menambahkan, saat ini lokasi peristiwa longsor tersebut cukup memprihatinkan. Pasalnya, kondisi rumah warga yang terdampak nyaris rata dengan tanah.

“Berdasarkan data sementara dari desa, sebanyak 10 orang masih dalam pencarian dan 2 orang tengah menjalani perawatan di RSUD Cililin,” katanya. 

“Sementara itu, sebanyak 225 jiwa terdiri dari 55 KK dievakuasi di GOR Desa Cibenda, SDN 1 Cibenda dan SD Padakati,” sambungnya.

Petugas gabungan dari Basarnas, BPBD, relawan, kepolisian, dan TNI telah dikerahkan untuk melakukan pencarian korban.

Hingga saat ini, proses pencarian masih berlangsung dengan metode manual, menyusuri titik-titik yang dicurigai sebagai lokasi korban tertimbun.

Dilaporkan juga bahwa sebanyak 25 rumah rusak parah akibat longsor ini. Sementara itu, sekitar 225 orang terpaksa mengungsi karena kerusakan yang terjadi pada rumah mereka.

Baca Juga:Anggota Polisi Diduga Menembak dan Menusuk Dua Orang Debt Collector, Status Buronan DitetapkanMudik Gratis 2024 dengan Kapal Perang TNI Angkatan Laut, Simak Syarat, Ketentuan dan Lokasinya Di Sini! 

Pemerintah setempat telah menyiapkan posko pengungsian dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan dasar para pengungsi.

Kondisi di lapangan masih sangat memprihatinkan, dan upaya pencarian dan penyelamatan masih terus dilakukan. Kami akan terus memperbarui informasi mengenai situasi terkini di Desa Cibenda.

0 Komentar