Pendaftaran CPNS dan P3K Resmi Dibuka Juni 2024, Menpan RB Sediakan 2,3 Juta Kursi Kosong untuk Calon ASN

Pendaftaran CPNS dan P3K Resmi Dibuka Juni 2024, Menpan RB Sediakan 2,3 Juta Kursi Kosong untuk Calon ASN
Pendaftaran CPNS dan P3K Resmi Dibuka Juni 2024, Menpan RB Sediakan 2,3 Juta Kursi Kosong untuk Calon ASN/ sumber foto: bkpsdm.simeuluekab.go.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV– Juni 2024, Pemerintah resmi membuka pendaftaran CPNS dan P3K dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi calon ASN. 

Pemerintah juga membuka sebanyak 2,3 juta bagi para calon ASN yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di berbagai daerah. 

Merujuk officialinewstv dalam akun media sosial instagramnnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB),

Baca Juga:OTW Pelaminan, Mahalini- Rizki Febian Gelar Acara Mepamit di Bali, Berikut Filosofi dan Makna Penuh HaruPeriode Musim Kemarau di Indonesia Terbilang Singkat dari Tahun Lalu, Apa Sebabnya? Berikut Penjelasan BMKG

Azwar Anas, Pemerintah membuka kesempatan bagi calon ASN sebanyak 2,3 juta yang mana rekrutmen terbesar selama 10 tahun terakhir. 

Tak hanya CPNS, rekrutmen besar-besaran tersebut juga berlaku pada pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

untuk tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang tercatat di bank data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun pembagian wilayah kerja sebagaimana yang telah dipetakan oleh Menpan RB, sebanyak 2,3 juta formasi akan disebar untuk memenuhi kebutuhan pusat dan daerah, juga ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sementara itu, melansir cnbcindonesia.com, total formasi CPNS sebanyak 690 ribu dan 1,6 juta untuk P3K.

Dari jumlah lowongan CPNS, 225.000 dibuka untuk mengisi kuota tenaga ASN di IKN dan untuk P3K dibuka untuk menuntaskan masalah tenaga honorer. 

Pendaftaran CPNS digelar dalam tiga tahap dengan tahap pertama dikhususkan untuk sekolah kedinasan,

Baca Juga:Musim Kemarau Bikin Risau, Berikut 6 Hal Baik untuk Kondisi Tubuh Tetap Fit dan BugarEkstrem! Indonesia Tak Alami Gelombang Panas, Tapi karena Ada Fenomena Ini…

gelombang ke dua khusus untuk CPNS dan P3K, dan gelombang ke tiga adalah proses pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan P3K. 

Tahun ini, beberapa formasi CPNS yang dipastikan membuka pendaftaran antara lain: 

  • Kementerian Agama

Kemenag tahun ini membuka peluang bagi 110,533 pendaftar dengan pembagian 20,772 lowongan CPNS dan 89,781 formasi P3K. 

Formasi tersebut dikhususkan untuk tenaga pengajar, guru SMK Kristen, SMA Katolik, dosen PTN agama, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta posisi di IKN. 

  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Kementerian selanjutnya yang tahun ini membuka pendaftaran adalah Kemendikbudristek, di mana tersedia kursi untuk 15,462 posisi CPNS dan 25,079 posisi P3K. 

Sebagaimana tujuan rekrutmen di atas, pembukaan ini ditujukan untuk mengentaskan masalah tenaga pengajar honorer serta memenuhi kebutuhan SDM di perguruan tinggi dan mengisi Ibu Kota Nusantara. 

  • Kementerian Sosial

Kemensos membuka formasi CPNS sebanyak 40,839 dan 40,573 formasi P3K. 

  • Kementerian Perhubungan

Selanjutnya ada Kemenhub yang  membuka formasi sebanyak 18.017 posisi yang terbagi CPNS dan P3K dengan fokus peningkatan kualitas layanan trasportasi. 

  • Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Tahun ini, PUPR membuka formasi sebanyak 26,319 orang ASN dengan rincian 6.385 CPNS tenaga teknis, 3 orang CPNS tenaga kesehatan, dan 19,931 pegawai P3K tenaga teknis. 

  • Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu)

Bawaslu membuka formasi 18.557 posisi CASN, termasuk CPNS dan P3K untuk posisi penting dalam mendukung kinerja lembaga tersebut. 

  • Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

terakhir, kemenkes membuka kesempatan bagi calon ASN sebanyak 23.200 formasi dengan rincian sebanyak 8.607 CPNS dan 14.593 P3K. 

 

0 Komentar