Sering Khawatir Saat Buah hati Anda Mengalami Napas Grog-Grog,Yuk Lakukain Ini Sekarang.

Foto
Foto/Cara Mengatasi Nafas Grok-Grok pada Bayi (www.instagram.com)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv- Sering banget kita menemukan Napas Si Kecil cenderung berubah menjadi tidak teratur hingga berbunyi grog-grog saat pilek, akibat banyaknya lendir pada saluran napas (hidung dan tenggorokan).

Kondisi ini disebut sebagai stridor yang di sebabkan oleh banyak hal, termasuk infeksi saluran napas bagian atas. 

Namun, bila yang mengalaminya adalah bayi baru lahir, penyebab paling umumnya adalah laringomalasia. Untungnya, stridor maupun laringomalasia ini tidak terlalu serius.

Baca Juga:Bukan Mitos ! fakta ,Yuk Simak Manfaat Menyanyikan Lagu Nina Bobo Untuk Bayi.Lakukan Hal Ini, Yang Bisa Membuat Kita Hidup Lebih Baik,Yuk Simak Apa Saja ?.

Ada beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mengatasi napas grog-grog pada bayi saat pilek. Mau tahu apa saja? Simak, penjelasannya di sini!

Cara Mengatasi Napas Grog-Grog pada Bayi

1. Menggunakan obat pilek bayiMeski pilek atau flu dapat sembuh seiring dengan peningkatan sistem imunitas tubuh Si Kecil, ibu dapat memberikan obat pilek untuk mempercepat penyembuhannya.

Namun, konsultasikan pada dokter spesialis anak terlebih dahulu sebelum memberikan obat pada bayi.

Obat-obatan pilek bayi ini akan bekerja mengobati gejala pilek seperti hidung berair, tersumbat, hingga bersin-bersin. Ibu juga tidak boleh sembarang memilih obat pilek bayi. 

Dengan meredanya gejala pilek, maka lendir yang awalnya banyak pada hidung mulai berkurang, begitu juga dengan suara grog-grognya. 

2. Menggunakan nasal aspiratorNasal aspirator adalah alat kesehatan yang dapat membantu menyedot ingus bayi.

Gunanya adalah untuk mengeluarkan lendir dari rongga hidung, sehingga pernapasannya lebih baik dan lega. Si Kecil juga akan lebih mudah tertidur dan beraktivitas. 

Baca Juga:4 Dampak Yang Di Timbulkan Saat Mengonsumsi Makanan Yang Tidak Seimbang.Konsumsi 5 Makanan Untuk Memenuhi Gizi Seimbang Pada Anak Anak Sampai Orang Dewasa.

Cara menggunakannya, tempatkan tabung atau selang ke salah satu lubang hidungnya.

Lalu, Ibu bisa mengisap ujung selang lainnya. Saat diisap, maka ingus dari hidung bayi akan terperangkap di wadahnya. 

3.  Menggunakan humidifierHumidifier atau pelembab ruangan dapat memberikan kelembaban pada udara sekitar ruangan.

Alhasil, kondisi ini sangat membantu Si Kecil untuk mengurangi lendir yang ada di hidung maupun tenggorokan serta melegakan pernapasannya. 

Meski humidifier bermanfaat untuk kesehatan, Ibu tidak boleh abai dalam membersihkannya secara rutin untuk mencegah pertumbuhan jamur. 

4. Menggunakan tetes hidung salineCara mengatasi napas grog-grog lainnya adalah menggunakan tetes hidung saline. Ibu tidak perlu cemas, larutan saline aman kok digunakan pada bayi.

Larutan ini di gunakan untuk membersihkan hidung dan membantu meredakan hidung tersumbat dengan cara menyemprotkannya ke lubang hidung.

Kandungannya adalah natrium dan klorida atau NaCl,Ibu bisa cari tahu Langkah Tepat untuk Cuci Hidung dengan Larutan NaCl di artikel ini.

5. Cukupi kebutuhan tidurnyaSuara napas yang abnormal pada Si Kecil akan membaik ketika imun tubuhnya meningkat.

Selain dengan cara-cara di atas, Ibu juga bisa memenuhi waktu tidur yang cukup pada bayi agar imun tubuhnya tetap terjaga dengan baik. 

Meski sebenarnya Si Kecil susah untuk tidur akibat pilek yang di alaminya, Ibu dapat mencoba berbagai tips dan trik di bawah ini:

5.1.Berbagai Trik dan Cara agar Balita Bisa Cepat Tidur.5.2.Cara Menidurkan Bayi yang Perlu Diketahui Ibu.5.3.Itulah cara mengatasi napas grog-grog pada bayi saat pilek. 

Itu dia beberapa cara yang mesti bunda lakukan saat buah hati anda mengalami filek dan napasnya pun jadi berubah,semoga bermanfaat.

0 Komentar