Rekomendasi Tempat Wisata Baru yang Lagi Hitz di Kuningan

Wisata baru di Kuningan
Wisata baru di Kuningan
0 Komentar

Wisata baru di Kuningan
Rekomendasi Tempat Wisata Baru yang Lagi Hitz di Kuningan

RADARCIREBON.TV – Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki berbagai keindahan pesona alam. Keindahan panorama alamnya menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu tujuan wisatawan untuk berlibur menikmati liburan akhir pekan. Berbagai wisata baru ditawarkan tiap tahunnya dimulai wisata gunung hingga tepi laut.

Bagi kamu yang merencanakan liburan ke Jawa Barat, pastinya kamu memerlukan beberapa rekomendasi wisata yang tidak itu-itu aja. Beberapa kota di Jawa Barat biasanya menjadi tujuan wisata untuk para wisatawan seperti Bandung, Pangandaran, Majalengka, Hingga salah satu kota Kecil di bawah kaki gunung ciremai yaitu Kuningan. Artikel ini bisa menjadi referensi Wisata Baru yang akan membuat kesan liburanmu juga menjadi semakin menarik.

Anda akan melewati kelokan dan perbukitan di Kecamatan Pasawahan. Namun medan perbukitan itu akan luput oleh panorama-panorama indah yang disuguhkan sepanjang jalan. Mulai pesawahan, perkampungan, hutan lindung, hingga pemandangan kota dari ketinggian. Ketika sudah terlihat bebatuan vulkanik besar di sisi jalan, berati sudah dekat. Dari gerbang utama, Anda akan ditunjukan jalan menuju parkiran yang cukup jauh jaraknya.

Baca Juga:Pemilihan Kuwu PAW Desa SinarancangNelayan Pantura Cirebon Terus Merugi

Anda akan akan takjub, sejauh mata memandang yang terlihat pebukitan, pohon-pohon rindang mengitari taman-taman dan zona tematik yang cantik. Seperti Rock Garden, Taman Awi (taman bambu), Taman Endemik Ciremai, dan yang lainnya. Tidak ada pagar, apalagi suara mesin kendaraan bermotor di batas kawasan konservasi ex-situ (di luar habitat asli) ini. Cuacanya, lebih mirip dengan Kebun Raya Cipanas, Cianjur yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Sedangkan KRK berada di kaki Gunung Ciremai, ketinggian 870 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Situ Cicerem Kuningan

Situ Cicerem yang juga di kenal dengan nama Telaga Biru Cicerem berada di Jalan Kaduela, Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini memiliki air berwarna biru yang sangat jernih dan disekitarnya banyak di tumbuhi pepohonan rindang yang memberikan hawa sejuk. Lokasi wisata alam ini begitu asri dengan air yang segar dan dingin berpadu dengan keindahan alamnnya. Situ Cicerem berada di ketinggian 315 mdpl dengan suhu rata-rata 19 sampai 28 derajat celcius.

Telaga ini berada tepat di kaki Gunung Ciremai. Selain air jernihnya yang berwarna biru nan segar, ternyata juga menjadi habitat berbagai makhluk hidup. Berbagai jenis ikan hidup di perairan Situ Cicerem, salah satunya adalah ikan emas. Meski populasi ikan di sini cukup banyak, namun ada larangan untuk memancingnya. Kita hanya diperbolehkan berenang dan berendam dengan ikan-ikan berenang di sekelilingnya.

Untuk masuk ke kawasan wisata alam ini, kita hanya dikenakan tarif Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 untuk. Jadi berapa pun orang yang menaiki motor atau mobil tersebut, tarifnya tetap sama. Sangat murah bukan Sedangkan untuk biaya parkirnya cukup dikenakan tarif Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

3. Taman Wisata Alam Linggarjati

Salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di kuningan adalah Taman Wisata Alam Linggarjati. Nama Linggarjati sendiri tidak dapat di pisahkan dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Di sebuah gedung yang bertempat di Kuningan, tempat yang bernama Linggarjati telah terjadi perjanjian antara pemerintah Indonesia dan Belanda pada bulan November 1946. Lokasi gedung yang bersejarah tersebut tidak jauh dari Taman Wisata Linggarjati.

Dengan luas mencapai 11,5 hektar, di tetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 53/Kpts/Um/2/1975 tanggal 17-2-1975. Secara astronomis terletak di antara 6 derajat 47°’ – 6 derajat 58° LS dan 108 derajat 30° – 108 derajat 30° BT.

Taman Wisata Alam Linggarjati ini terdapat beberapa macam flora dan fauna yang tentunya akan menjadi wisata yang menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga. Flora yang ada di antaranya bunbungu, pasang, kiara, lemo, jamuju dan Kiacret. Jenis flora tersebut tumbuh dengan baik dan sebagian besar telah menjadi pohon yang tinggi dan besar dan menyejukkan mata yang memandang.

Baca Juga:Kesulitan Mendapatkan Solar Bersubsidi6 Penjaga Perlintasan Kereta Api Amankan Jalur Tanpa Digaji

Itudia rekomendasi Tempat Wisata Baru yang Lagi Hitz di Kuningan. Pilihan kamu kemana nih sob?? (Aulikha Fiony)

0 Komentar