Kesehatan adalah No 1, Simak 10 Tips Gaya Hidup Sehat

kesehatan adalah
10 tips gaya hidup sehat/photo by alodokter/
0 Komentar

10 tips gaya hidup sehat/photo by alodokter/
Kesehatan adalah No 1, Simak 10 Tips Gaya Hidup Sehat

RADARCIREBON.TV – Menjadikan kebiasaan bagi kesehatan adalah sebagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan kehidupan yang sehat, Anda lebih kecil kemungkinannya untuk sakit, baik itu diabetes, penyakit jantung atau bahkan kanker . Tetapi menjalani gaya hidup sehat membutuhkan upaya yang konstan dan konsisten.

Berikut adalah 10 tips untuk gaya hidup sehat.

10 Tips Gaya Hidup Sehat

  1. Makan makanan seimbang

Tambahkan variasi pada makanan Anda. Makan berbagai makanan yang meliputi buah, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian. Usahakan untuk makan setidaknya 5 porsi (400 gram) buah dan sayuran setiap hari, terutama yang musiman dan segar.

Jika Anda bukan vegetarian , sertakan ikan berlemak dalam diet Anda , karena asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit inflamasi seperti penyakit jantung .

Baca Juga:Perhatikan Hal Ini, Hindari Kesehatan Mental Pada RemajaApa Itu Kesehatan Mental? Ini Faktor Penyebabnya

Kurangi garam. Konsumsi garam harian Anda tidak boleh melebihi 1 gram (atau 1 sendok teh). Tambahkan lebih sedikit garam saat menyiapkan makanan Anda, batasi jumlah bumbu tinggi sodium seperti kecap yang Anda tambahkan ke makanan Anda, dan hindari camilan asin. Mengurangi jumlah natrium dalam diet Anda menurunkan risiko tekanan darah tinggi .

Hindari lemak tidak sehat . Lemak seharusnya hanya mencapai 30% dari total asupan energi Anda. Pertahankan lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat. Hindari lemak jenuh, seperti daging merah, mentega, dan keju, serta lemak trans, seperti makanan panggang dan makanan kemasan siap saji.

  1. Tetap terhidrasi dengan baik

Ingatlah untuk minum 8 gelas air sehari. Tubuh Anda terdiri dari 80% air, dan air di perlukan untuk fungsi usus yang teratur, kinerja otot yang optimal, serta kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Kurang minum air dapat menyebabkan dehidrasi , kelelahan , sakit kepala , kulit kering , dan kekebalan tubuh melemah.

  1. Berolahraga secara teratur

Usahakan untuk berolahraga minimal 150 menit seminggu atau 30 menit olahraga minimal 5 hari seminggu. Entah itu berjalan , jogging, berenang , atau melakukan latihan Pilates di rumah , tujuannya adalah untuk tetap aktif secara fisik.

Olahraga tidak hanya membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga mengurangi risiko terkena penyakit akibat gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

  1. Tidur yang cukup

Ada hubungan yang kuat antara tidur dan sistem kekebalan tubuh. Tidur tujuh hingga sembilan jam menyembuhkan dan memperkuat tubuh Anda saat Anda tidur. Tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda .

  1. Batasi asupan alkohol Anda

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit hati dan bahkan kanker hati dalam jangka panjang. Penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan gangguan penilaian dan bahkan menyebabkan kecelakaan dan cedera.

Baca Juga:Yandex Ru Ternyata Tak Aman, Simak Penjelasannya!Yandex Browser, Peramban Alternatif Pesaing Google!

Pria harus membatasi minuman beralkohol hingga 2 gelas sehari, sedangkan wanita harus membatasi minuman beralkohol hingga 1 gelas sehari.

Selain berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri, merokok juga berbahaya bagi orang-orang di sekitar Anda. Perokok pasif merusak saluran udara dan paru-paru dan juga merupakan penyebab utama penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK ).

  1. Lindungi diri Anda dari sinar matahari

Paparan sinar matahari yang sering dan dalam jangka panjang dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang lebih besar . Hindari berlama-lama di bawah sinar matahari, dan pastikan untuk melindungi diri dari sinar matahari dengan tabir surya dan pakaian lengan panjang saat Anda berada di luar ruangan.

  1. Cuci tangan Anda

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih berbasis alkohol adalah cara sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran infeksi. Selalu ingat untuk mengikuti praktik ini sebelum membuat atau memakan makanan, setelah menangani produk limbah, setelah menggunakan kamar mandi, dan saat merawat orang sakit.

  1. Kelola stres Anda

Stres di kenal sebagai pemicu banyak penyakit mulai dari migrain hingga masalah jantung. Temukan cara untuk menghilangkan stres , baik itu menonton film lucu, melukis, berjalan-jalan, bekerja di taman, mendengarkan musik, atau berendam di bak mandi busa.

Cara lain yang efektif untuk mengeluarkan pikiran negatif adalah berbicara dengan teman dan anggota keluarga Anda. Berbagi perasaan Anda dengan orang yang Anda percaya dapat menghilangkan stres dengan segera dan membantu Anda melepaskan ketegangan.***

0 Komentar