Udah Cobain Belum 4 Makanan Nasi Khas Jawa Tengah Ini?

Udah Cobain Belum 4 Makanan Nasi Khas Jawa Tengah Ini?
Nasi Goreng Tembakau merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah/ foto: Hipwee/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Selain mempunyai banyak tempat wisata yang keren-keren, Jawa Tengah kaya akan kulinernya juga.

Kuliner khas Jawa Tengah memiliki ragam jenis yang berasal dari budaya yang semarak sejak zaman dulu. Masakan tradisional Jawa Tengah berawal dari kelezatan kerajaan bagi para penguasa Jawa, yang kemudian berkembang untuk dinikmati oleh semua ras dan suku.

Provinsi Jawa Tengah memiliki ciri makanan yang khas dengan rasa cenderung manis dan tidak terlalu pedas, karena menggunakan bumbu bawang putih, santan dan sedikit rempah.

Baca Juga:5 Makanan Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera, No 1 Paling ENAK!Hotel Cahaya Villa Garut, Pilihan Terbaik Untuk Penginapan Liburanmu!

Bagi kalian yang belum pernah mencicipi makanan khas Jawa Tengah ini, adakalanya untuk mengenali terlebih dulu makanannya.

Nasi Gandul

Nasi Gandul adalah nasi dengan isian lauk empal atau daging sapi yang telah dibacem. Lalu, diberi siraman kuah yang gurih dengan cita rasa rempah yang pelimpah.

FOTO: Wikipedia

Makanan yang satu ini tepatnya berasal dari Pati, Jawa Tengah dan daerah yang pertama kali mempopulerkan yaitu daerah Desa Gajahmati.

Sego Godog

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya yakni, Sego Godog. Kuliner yang banyak tersedia di Jogjakarta dan Magelang ini merupakan makanan yang diproses dengan cara nasi yang direbus atau digodog.

FOTO: Fimela

Bahan yang tercampur dalam makanan ini yaitu, sayur-sayuran, mie hingga daging.

Nasi Goreng Tembakau

Jawa Tengah, tepatnya di Temanggung merupakan salah satu kota penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

Nasi Goreng ini, dibumbui dengan bumbu khas biji tembakau, dan salah satu jenis tembakau yang dijadikan campuran makanan ini yaitu, tembakau srintil.

FOTO: Hipwee

Baca Juga:Seperti Amerika, Green Canyon Tempat Wisata Ciamis yang Populer!Ini Dia, 3 Kedai Hucap Makanan Khas Kuningan Jawa Barat yang Terkenal!

Perbedaan nasi goreng tembakau dengan nasi goreng lainnya adalah terdapat pada isian dan bumbu yang digunakan, sehingga saat disantap akan merasakan rasa pahit di lidah.

Nasi Grombyang

Yang terakhir yaitu Nasi Grombyang yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Makanan ini masuk kedalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

cookpad.com

Dengan cara pembuatan makanan yang unik, membuat nasi grombyang ini masuk kedalam daftar tersebut.

Bahan utama dari makanan ini yaitu nasi putih, daging sapi/kerbau dan bumbu rempah rahasia dengan kuah yang merendam permukaan nasi.***

0 Komentar