Menghadapi Fenomena El Nino

0 Komentar

Wakil Gubernur Jawa Barat meminta seluruh bupati dan walikota di 27 kota kabupaten untuk menambah anggaran biaya tak terduga untuk perubahan 2023 dan tahun 2024. Hal itu dilakukan untuk menghadapi fenomena el nino yang berdampak pada perubahan cuaca secara global.

Fenomena el nino yang tengah melanda sebagian wilayah di Indonesia, membuat pemerintah mulai mengatur strategi untuk mengatasi masalah akibat el nino itu, salah satunya persoalan kekeringan.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, berbagai upaya dilakukan menghadapi fenomena el nino di Jawa Barat. Salah satunya penambahan Belanja Tak Terduga (BTT). Wagub sudah berkoordinasi dengan para bupati dan walikota untuk menambah dana Belanja Tak Terduga (BTT) baik untuk anggaran perubahan 2023 dan anggaran tahun 2024.

Baca Juga:Wagub Jabar Minta Tanah Pertanian Tidak Dijual Lintasan Baru Ujian Praktek SIM C

Penambahan BTT itu karena pemerintah tidak bisa menggunakan anggaran secara tiba-tiba, dan harus diawali dengan pembahasan dan pengesahan DPRD. Untuk itu, ia menginstruksikan kepada bupati walikota agar meminta tambahan 30 persen untuk menangani kekeringan.

Sementara, Wagub khawatir jika tidak dibantu oleh pemerintah, maka masyarakat akan kesulitan untuk mengatasi kekeringan. Salah satunya pasti berdampak pada kebutuhan pangan di Jawa Barat

0 Komentar