Jalan-Jalan ke Jawa Tengah Jangan Lupa Kulineran dengan Rekomendasi Makanan Khas Muntilan Perpaduan Cita Rasa yang Pas Cocok di Kantong Wisatawan

salsawisata.com
salsawisata.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Banyak sekali jenis kuliner atau makanan khas mutilan, baik itu yang gurih ataupun manis. Mutilan sendiri merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Magelang. Jaraknya ini sekitar 44 menit jika berkendara dari Yogyakarta.

Jadi, apabila kamu sedang berlibur ke yogyakarta jangan lupa untuk mampir ke muntilan. Kuliner Muntilan memiliki citarasa yang khas Jawa Tengah. Cita rasa dari makanan ini memang memiliki rasa gurih manis, serta sedikit sentuhan pedas. Bagi kamu para pencinta masakan manis, memang sangat cocok.

Sebenarnya, makanan khas muntilan ini memang sedikit dipengaruhi oleh makanan dari DIY Yogyakarta. Bahkan ada beberapa di antaranya memiliki kesamaan dari tekstur bahkan rasa. Misalnya saja mangut lele yang terbuat dari lele yang di asap dan di olah dengan kuah santan serta rempah-rempah. Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan khas muntilan.

Baca Juga:Para Pecinta Netflix Kini Sudah Bisa Menonton Film Favoritmu dengan Tayangan yang Lebih Tajam! Intip 5 Rekomendasi Tv Digital Terbaik dan TermurahPilihan yang Murah dan Terbaik Simak Kelebihan dan Spesifikasi Toshiba Tv Digital, Segera Dapatakan Demi Memanjakan Tontonan Kamu

Rekomendasi Makanan Khas Muntilan

1. Blendrang

Blendrang makanan yang pertama ini merupakan khas magelang biasanya banyak di temukan di muntilan, lebih tepatnya di daerah Gunung Pring. Kuliner yang satu ini merupakan bubur nasi yang di sajikan dengan kuah kental lembut. Isiannya pun beragama, seperti isian daging, seperti daging ayam, sapi, dan iga.

Sebenarnya makanan ini biasanya hadir di saat bulan ramadhan saja, namun seiring banyaknya penikmat blendarang, maka bisa di temukan di hari-hari biasa agar bisa di nikmati setiap saat.

2. Kluban

Mungkin di daerah lain mengenalnya dengan nama urap. Makanan khas muntilan ini adalah sayuran rebus atau kukus yang di sajikan dengan taburan kelapa parut berbumbu. Kluban ini merupakan kuliner Muntilan yang kaya akan nutrisi. Bahannya sendiri terdiri dari berbagia macam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, wortel, dan kol.

Makanan ini biasanya di sajikan juga dengan teri goreng sebagai pelengkap. Kamu bisa menikmatinya dengan nasi hangat dan lauk pelengkap lainnya, seperti telur dan tempe goreng.

3. Soto Magelang

Selanjutnya ada Soto Magelang yang biasa di kenal dengan nama nasi lesah. Hidangan ini memang terlihat seperti soto. Namun, ciri khasnya ini di sajikan di atas piring bukan di dalam mangkuk seperti soto pada umumnya. Warna kuahnya pun berwarna kuning bersantan dan berempah.

Dari segi rasanya sendiri terasa gurih dan biasa di sajikan bersama suiran daging ayam, tauge rebus, bihun, kol, taburan bawang goreng, irisan daun bawang segar, dan kerupuk.

4. Gudeg Poncol

Siapa yang tidak mengenal gudeg yang merupakan makanan khas Yogyakarta, hingga banyak di serbu oleh para wisatawan. Makanan khas muntilan ini serupa dengan gudeg Yogyakarta.

Baca Juga:Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis Bantuan untuk TV Digital Harus Memenuhi Persyaratan yang Sudah Ada: Cek Hal yang Harus DipersiapkanMampu Menyaingi Ponsel Lipat Sekalas Samsung! Kini Sudah Hadir Huawei Mate Xs 2 Lipat dengan Layar Lebar Fitur Canggih: Harga Cek di Sini

Kuliner ini merupakan olahan daging nangka muda yang di hidangkan bersama daging ayam, telur bacem, krecek, kemudian di siramkan dengan kuah santan yang gurih.

5. Mangut Beong

Selain ada mangut lele, daerah muntilan pun ada mangut beong. Mangut ini diolah dengan menggunakan ikan beong. Ikan beong ini ikan air tawar yang serupa dengan lele, tetapi ukurannya lebih besar. Penyajiannya juga berbeda dengan mangut lele. Biasanya mangut beong hanya di sajikan bagian kepalanya saja.

Untuk cita rasanya ini memang sama dengan mangut khas Jawa Tengah, yakni gurih, sedikit manis dan pedas.

6. Tape Ketan

Makanan tape ketan ini merupakan kuliner yang paling sohor. Tape ketan ini bisa di sajikan dengan berbagai macam cara. Kamu bisa mencampurnya dengan es dawet, es campur, dan es teler. Tambah nikmat lagi disantap dengan ketan uli, emping melinjo, dan masih banyak lagi.

Kuliner ini terbuat dari beras ketan yang di fermentasi dengan ragi hingga muncul rasa asam manis yang khas. Biasanya tape ketan khas Muntilan ini memiliki dua warna, hijau, dan putih.

***

0 Komentar