Daftar 9 Kuliner Tegal yang Bisa Menggugah Selera, Dijamin Bikin Ketagihan

tahu tegak
tahu tegal salah satu kuliner tegal yang bisa menjadi pilihat saat berkunjung ke tegal
0 Komentar

tahu tegal salah satu kuliner tegal yang bisa menjadi pilihat saat berkunjung ke tegal
Daftar 9 Kuliner Tegal yang Bisa Menggugah Selera, Dijamin Bikin Ketagihan

Daftar 9 Kuliner Tegal yang Bisa Menggugah Selera, Dijamin Bikin Ketagihan

RADARCIREBON.TV – Tegal baik kota dan kabupaten merupakan wilayah jawa tengah yang kaya akan tradisi dan budaya. Dan tak ketinggalana, juga memiliki kuliner tegal yang khas baik makanan mulai makanan berat, ringan, maupun minuman.

Bagi kalian yang memiliki hobi traveling dengan menikmati aneke kuliner, tak ada salahnya mencoba dan mencicipi kuliner tegal yang punya cita rasa yang khas. Bahkan, butuh waktu lebih dari satu hari untuk bisa berwisata kuliner tegal.

Baca Juga:9 Objek Wisata Alam Brebes yang Dekat dengan CirebonBerikut Ini Daftar Wisata Air Terjun Majalengka Dekat Indramayu yang WAJIB Kalian Datangi

Bila kalian tidak punya banyak waktu untuk mencicipi kuliner tegal, kami akan menyajikan Sembilan kuliner tegas yang bisa menjadi pilihan.
Berikut ini sembilan kuliner tegal

  1. Kupat Glabed

Yang pertami adalah Kupat Glabed. Kuliner tegal yang satu ini adalah salah satu makanan khas Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Bukan saja namanya yang unik, namun makanan yang satu ini hanya ada di Tegal. Untuk satu porsi Kupat Glabed berisikan potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal serta kerupuk mie kuning, dengan siraman kuah santan kental diatasnya.

Penyajian Kupat Glabed biasanya juga dengan telur rebus, daging ayam atau aneka ragam sate seperti sate ayam, sate kikil atau sate kerang. Selain itu, yang uniknya lagi, kalian juga bisa memilih lauk sesuai selera. Rasa Kupat Glabed yang gurih akan berpadu ketika menyantapnya.

2.      Rujak Teplak

Makanan khas Tegal lainnya adalah rujak teplak. Makanan ini cocok bagi kalian yang vegetarian. Pasalnya rujak taplak merupakan olahan dari berbagai sayuran rebus seperti kangkung, daun lemayung, daun papaya dan sayuran lainnya. Sebagai ciri khasnya, makanan lengkap dengan  tambahan sambal gaul.

Koposisi dari Sambal gaul ini sendiri berupa olahan dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas. Keunikan rasanya menjadikan rujak teplak ini makanan khas Tegal yang akan terus terngiang – ngiang.

3.      Sate Blengong

Tidak hanya terkenal dengan sate kambing mudanya, Tegal juga memiliki kuliner dengan olahan satu, yakni sate blengong. Sate blengong sendiri berbahan daging hewan dari hasil persilangan bebek dan mentok.

Untuk menikmati kuliner tegal sate blengong, biasanya disantap dengan kupat tahu yang diberi bumbu dengan bumbu yang cita rasa pedas yang menggugah selera.

Baca Juga:Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Lafadz dan Terjemahan.SIMAK, Bacaan Doa Setelah Wudhu, Lafadz dan Terjemahan.

Sate blengong sendiri memiliki tekstur daging yang agak sedikit kenyal dengan paduan kuah kental kupat glebed menjadikan sajian sate blengong menjadi istiwema. Selain dengan kupat, sate blengong juga bisa dengan nasi hangat dan rasanya juga tak kalah nikmat.

  1. Tahu Aci

Selain Sumedang, Tegal juga memiliki kuliner tahu, yakni  Tahu Aci khas tegal. Kuliner tegal ini adalah cemilan sejenis gorengan berbahan dasar tahu yang berisi aci atau tepung kanji. Meski terlihat sederhanam,  namun makanan ini memiliki cita rasa lezat dan gurih yang pastinya cocok menikmatinya sambil bersantai.

Dalam setiap gigitan tahu aci terasa nikmat dan ada sensasi lebut dan kenyal karena perpaduan dari tahu dan aci. Jadi bila kalian berkunjung ke tegal, jangan sampai tidak mencicipi tahu aci khas tegal ini.

  1. Nasi lengko

Selain Cirebon, Brebes dan beberapa daerah lainnya, tegal juga memiliki nasi lengko dan bisa menjadi salah satu menu yang wajib untuk menjadi pilihan saat mencicipi kuliner tegal.

Kuliner tegal yang sering disebut sego lengko ini adalah panganan yang berisikan nasi dengan campuran daun kucai, tahu, tempe goring, toge, mentimun, dengan siraman sambal dan kecap manis.

Jika ingin lebih nikmat menikmati nasi lengko, bisa berpadu dengan dengan sate kambing yang tentunya menambak kenikmatan saat menyantab nasi lengko.

  1. Glotak

Bagi kalian yang bukan berasal dari tegal, mungkin nama Glotak masih terasa asing. Padahal, glotak merupakan salah satu kuliner tegal yang sangat khas.

Glotak sendiri merupakan makanan yang berbahan utama gembus, yaitu semacam oncom yang dimasak bersama beragam bumbu untuk menciptakan cita rasa lezat.

Asal usul sebutan Glotak sendiri dari suara “glotak-glotak” saat proses memasak. Glotak biasanya ada tambahan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi agar lebih sedap.

Glotak bisa juga  menambahkan irisan cabai agar cita rasanya semakin kaya. Sebagai pelengkap, kalian juga bisa menikmati Glotak ini bersama kerupuk antor atau kerupuk mie. Sehingga menjadi perpaduan rasa sempurna yang tentunya bikin kamu ingin terus menyantapnya.

  1. Es Lontrong

Ternyata kuliner tegal tidak hanya berupa menu makanana saja. Kuliner ini juga memiliki menu kuliner minuman yang layak untuk menjadi pilihan. Namanya  Es Lontrong. Es slontrong merupakan es tradisional dari Tegal yang bahannya berupa kacang hijau dan cincau.

dengan cita rasa segar dan nimat, es lontrok berasal dari siraman gula merah, santan, dan serutan es. Jadi jangan lupa menyempatkan menikmati segarnya es lontrok jika kalian sedang berada berkunjung ke tegal.

8. Nasi Ponggol

Tidak hanya nasi lengko, kuliner tegal juga memiliki nasi ponggol. Nasi ponggol sendirinya biasanya menjadi menu sarapan berupa nasi bungkus pada umumnya.

Namun yang membedakan nasi ponggol dengan nasi bungkus yang lain adalah dalam penyajiannya. Jika nasi bungkus pada umumnya menggunakan kertas nasi, maka nasi ponggol menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya.

Seporsi Nasi Ponggol berisikan  nasi putih hangat dengan lauk tempe, tahu orek, oseng mie serta sambal teri. Selain itu, ada lauk pendamping lain seperti telur dadar atau udang yang dapat kamu pilih sendiri saat kamu membeli makanan khas ini.

  1. Latopia

Bila Yogja punya bakpia, maka tegal punya latopia. Kuliner yang satun ini sepintas Nampak seperti bakpia jajanan khas Yogya. Yang menbedakan bakpia dan latopia adalah pada kulitnya saja, karena kulita latopia lebih tebal dari bakpia.

Latopia memiliki enake rasa, mulai dari cokelat, keju, durian, kacang hijau, dan beragam rasa lainnya. Jadi latopia harus masuk dalam daftar kuliner yang wajib menjadi pilihan saat berkunjung ke tegal.

Demikianlah Sembilan kuliner tegal yang bisa kalian coba. Selamat berkunnjung ke tegal dan menikmati aneka kuliner yang menggugah selerea. (*)

 

0 Komentar