Ini Loh!  Alasan Masakan Sunda Cenderung Asin

Ini Loh! Alasan Masakan Sunda Cenderung Asin
Ini Loh! Alasan Masakan Sunda Cenderung Asin
0 Komentar

Ini Loh! Alasan Masakan Sunda Cenderung Asin

RADARCIREBON.TV-  Sampurasun! Artikel ini membahas alasan masakan sunda cenderung asin?  Jawa barat memang selalu menarik untuk diulas, tak terkecuali kuliner.

Masakan khas tanah Pasundan misalnya, jadi pilihan utama banyak orang untuk mengisi perut, karena lengkapnya lauk pauk serta cita rasa. Bahkan, ada yang sampai tembus mancanegara.

Bagi pecinta asin, masakan khas Sunda jadi buruan utama. Tapi, mengapa masakah sunda cenderung bercita rasa asin?

Baca Juga:Catat! Ini Dia Materi Bahasa Sunda Kelas 3 Untuk PTS Semester GenapUniversitas di Purwokerto Kelas Karyawan: Produktif Sambil Cari Cuan

alasan rasa masakan Sunda enak

Ternyata  menurut kabar terpercaya cita rasa asin pada tiap masakan sunda tidak terlalu tajam jika di bandingkan dengan masakan khas betawi dan tanah pariaman.

Data menyebutkan bahwa orang sunda terbiasa tidak menambahkan gula ke dalam masakan mereka. Adapun tambahan gula, itu tidak sebanyak dan rasanya tidak selegit masakan Jawa Tengah.

Misalnya saja pada masakan tumis tempe.

Masakan berisi irisan tempe, bawang, cabai, salam, dan bumbu penyedap memang memiliki warna kecoklatan.

Tapi perlu diingat penambahan kecap , gula, atau bumbu rasa manis ini tidak sebanyak masakan khas Jawa lainnya. Penambahannya ada, namun sedikit.

Jadi jika ada orang yang mengatakan kalau masakan khas Sunda itu asin, bisa di pastikan orang tersebut bukan berasal dari Jawa Barat atau bisa saja ia tidak menyukai makanan yang asin.  

Untuk menetralisir rasa asin,

biasanya dalam masakan hadir menu pelengkap contohnya sayuran. Sayuran di kenal dengan lalapan menjadi icon masakan sunda.

Biasa terdiri dari kangkung, terong hijau, kacang panjang, dan lainnya di hidangkan secara mentah atau sudah di rebus (di leog) terlebih dahulu. Contohnya bisa di lihat pada menu lengkap sayur asem.

Baca Juga:Kampus Swasta di Purwokerto. Baguskah?Ingin Lanjut Kuliah? Berikut Daftar Kampus di Purwokerto Yang Bisa Jadi Pilihan

 Biasanya sayur hasem di hidangkan bersama ikan asin jambal. Tahu tempe goreng, lalapan, sambel terasi, dan nasi liwet.

Biar khas Sunda banget Anda bisa menyantap menu ini di atas daun pisang dan makan secara lesehan atau disebut botraman.

Di Cirebon sendiri banyak sekali rumah makan bernuansa khas Sunda. Merupakan daerah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, akulturasi budaya di Cirebon jelas terlihat.

Anda bisa dengan mudah menemukan rumah makan khas Sunda, tidak perlu menggukan peta digital.  

0 Komentar