Apa Kabar Kurikulum Merdeka Sekarang?

Foto: https://ditpsd.kemdikbud.go.id
Foto: https://ditpsd.kemdikbud.go.id
0 Komentar

Foto: https://ditpsd.kemdikbud.go.id

RADARCIREBON.TV- Apa kabar kurikulum merdeka sekarang? Sistem kurikulum pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan (reshuffle). Ketidak konsisten sang pemangku kebijakan memberi efek domino bagi semua masyarakat.

Merdeka? dari mulai guru yang dibuat pusing harus adaptasi cepat, murid yang seringkali merasa sulit dan bingung dengan pembelajaran dan proses memahami materi yang terkesan teburu-buru. Para orang yang mau tidak mau terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Berkaca pada masa lalu, Anda tentun familiar dengan sistem Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Baca Juga:Masa Sih,Televisi Digital Terbaik Harganya Selangit?Rekomendasi TV Digital Tanpa STB

Bertahan kurang lebih 7 tahun, perombakan kembali terjadi dengan mengganti nama menjadi Kurikulum K-13 atau Kurikulum 2013, kemudian berganti lagi dengan nama Merdeka Belajar.

Kurikulum Merdeka Indonesia

Kemudian, di tahun ajaran baru 2022/2023 publik kembali menghadapi tantangan baru dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Pendemi Covid-19 yang melumpuhkan dunia, termasuk aktivitas pembelajaran di Indonesia, menjadi awal mula perubahan sistem pendidikan tersebut.

Sudah berjalan, apakah Kurikulum Merdeka mampu mengubah karakter anak bangsa jauh lebih “Indonesia”?

Artikel ini berisi informasi terkait Kurikulum Merdeka. Semua bentuk kesalahan dan kekeliruan yang terdapat dalam artikel ini sepenuhnya adalah kekeliruan dan kehilafan penulis sebagai manusia.

Krisis belajar berlangsung paralel dengan krisis pandemi COVID-19 yang berdampak signifikanPerubahan pendidikan di Indonesia.

Dalam hal ini, pendidikan juga harus berubah dan berkembang berpegang pada prinsip-prinsip keberadaan pandemi COVID-19 agar pendidikan tetap dapat mencapai tujuannya pembelajaran yang benar. 

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara belajar siswa, di mana pembelajaran rata-rata terjadi online di rumah dengan pedoman yang berbeda agar guru, siswa, dan bukan orang tua.

Baca Juga:Jangan Heran Ada Harga Tv Digital Murah Under 1 Juta!!Cari Hidden Gem? Tempat Wisata Majalengka Hits Ini Cocok Loh

Sangat sulit untuk menjadi efektif jika siswa tidak bisa belajar sendiri tanpa bantuan guru. Hal ini juga sulit bagi siswa dan orang tua ketika yang tidak mampu menguasai teknologi untuk melaksanakan pembelajaran seperti yang disajikan.

Seiring berjalannya waktu dan aktivitas sekolah pulih kembali, para siswa bisa belajar secara tatap muka. Kurikulum Merdeka di sini bisa kita lihat dengan seksama.

Secara signifikan Kurikulum Merdeka merubah karakter dan gaya hidup belajar siswa. Sekarang, siswa bisa merasakan serunya bermain sambil belajar.

Misalnya kegiatan belajar sembari mengikuti ekskul, kegiatan bazar yang mengenalkan siswa dengan dunia ritel, dan kegiatan memperindah ruang kelas.

Keuntungan lain dari penerapan kurikulum mandiri adalah lebih bermakna dan interaktif.

Dengan pembelajaran melalui kegiatan proyek memberikan kesempatan yang lebih luas kepada siswa untuk secara aktif memikirkan isu-isu terkini seperti lingkungan, kesehatan dan topik lainnya.

Untuk membantu dukungan pengembangan karakter dan kompetensi murid Pancasila.

0 Komentar