7 Oleh oleh Khas Semarang, Moggo!!

Foto: wikipedia/lumpia/kuliner Semarang
Foto: wikipedia/lumpia/kuliner Semarang
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- 7 Oleh oleh Khas Semarang, Moggo!!

kawan, kalau kalian sedang berada di Semarang, agendakan berburu kuliner di sini.

Semarang terkenal dengan makanan khasnya yang enak dan cocok di semua lidah masyarakat Indonesia.

bisa banget untuk di bawa sebagai buah tangan orang terkasih kalian.

berikut radar rangkum 7 oleh-oleh khas Semarang untuk kalian.

Baca Juga:Mari Kawand Kunjungi 5 Tempat Liburan di Semarang Tempoe Doeloe!!Manis, Gurih, Makjleb! 5 Rasa Makan Khas Semarang

Roti Ganjel Rel

kudapan khas semarang ini memiliki nama yang unik karena menyerupai rel kayu. Roti ini berbentuk persegi panjang dan berwarna coklat tua dan di taburi dengan biji wijen.

Teksturnya keras dan padat. Warna cokelat roti ganjel khas Semarang ini berasal dari bubuk kakao dan gula aren. Di bumbui dengan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan singkong, rotinya juga tidak terlalu manis.

Moci

moci bisa jadi buah tangan yang cocok di bawa dari Semarang. Moaci juga di kenal sebagai mochi khas Semarang. Moci memiliki tekstur bagian dalam yang kenyal dan manis. Moaci terbuat dari tepung ketan putih dan tepung maizena. Sedangkan kue mochinya isi kacang. Selain kacang, Moaci Semarang juga mengandung potongan buah.

Lumpia Semarang

Oleh-oleh modern Semarang lainnya adalah lumpia. Tepung beras di gunakan dalam pelapis lumpia, rebung, telur, daging ayam atau kepiting di gunakan di dalamnya. Lumpia Semarang terdiri dari dua jenis yaitu lumpia basah dan lumpia kering goreng. 

Bandeng Presto

Keistimewaan Semarang lainnya adalah Bandeng Presto. Ikan bandeng di masak dalam panci presto dengan suhu tinggi. Alhasil, bukan hanya ikan bandeng yang sensitif, tapi juga durinya. Berkat duri lunaknya, ikan bandeng ini aman di konsumsi tanpa takut tersedak.

Batik Semarangan

Setiap daerah memiliki ikatan dengan ciri khasnya masing-masing, termasuk Semarang. Batik Semarang memiliki motif khusus yang di sebut Lawang Sewu, Warak Ngendog, Tugu Muda, Blekok dan Asam.  

Tahu Bakso

panganan ini wajib di jadikan oleh oleh ketika berada di Semarang. tahu bakso ini gabungan dari tahu dan bakso. olahan bakso di masukan ke dalam tahu sebagai isian. ada banyak variasi tahu bakso kini, mulai dari tahu bakso daging ayam, daging sapi, dan daging ikan. tempat oleh oleh tahu bakso yang terkenal adalah tahu bakso bu Pudji yang menjadi plopor tahu bakso di Semarang.

Baca Juga:15 Lokasi Camping Ground di Semarang Adem Ayem!!Rasain 4 Kuliner Semarang, Muantep Tenan No Debat!

Wingko Babat

Oleh-oleh khas Semarang yang populer adalah wingko babat. Makanan ini bisa di jadikan cemilan dan di santap bersama teh panas. Bahan pembuatan wingko babat adalah campuran tepung ketan dan kelapa parut yang di sangrai. Bentuknya persegi kecil dan datar. 

0 Komentar