Ajak Bestie-mu Menikmati View Indah Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi yang Cakepp Banget! Cek di Sini Sejarah, Harga Tiket Hingga Daya Tariknya!!

Ajak Bestie-mu Menikmati View Indah Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi yang Cakepp Banget! Cek di Sini Sejarah, Harga Tiket Hingga Daya Tariknya!!
Pantai Pelabuhan Ratu (foto : https://pantainesia.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Palabuhan Ratui atau Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi, namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Apakah kamu pernah mengunjunginya?

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki keindahan panorama yang khas dan sejarah mistis. Pantai ini memadukan pantai dengan batu karang yang curam. Terkenal sebagai pantai dengan udara segar dan pasir yang lapang.

Pantai ini terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, jawa Barat. Lokasinya berada sekitar 60 KM kea rah selatan Kota Sukabumi.

Baca Juga:Lagi di Pelabuhan Ratu? Ini Nih, Penginapan Murah di Sekitar Pelabuhan Ratu Sukabumi yang Bagus dan Nyaman!Cari Paket Wisata Karimunjawa Dari Semarang Aman dan Terpercaya? Pake Jasa Tour Wisata Ini Aja Kak..

Pantai Pelabuhan Ratu kaya akan latar belakang, ada cerita tentang pantai Pelabuhan Ratu yang di kuasai oleh Nyi Roro Kidul. Pantai Karang Hamu, bagian dari Teluk Pelabuhan Ratu, dikatakan sebagai rumah bagi sang ratu. 

Sejarah

Sebagai salah satu legenda  yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa, cerita tentang Nyi Roro Kidul dan sejarah Pelabuhan Ratu masih menjadi topik hangat di beberapa lingkungan. Pada intinya, Pelabuhan Ratu adalah sebuah wilayah pemukiman dan kecamatan yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan kisah yang diturunkan dari generasi ke generasi, Pelabuhan Ratu berasal dari peristiwa pelarian Nyi Mas Purnamasari, seorang putri dari Kerajaan Pajajaran yang juga terkait dengan legenda Nyi Roro Kidul.

Kisah Pelabuhan Ratu terkenal dengan cerita Nyi Purnamasari yang melarikan diri dari Banten dan tiba di Babakan Cidadap ketika sedang hamil lima bulan.

Setelah cukup lama menjabat sebagai pemimpin di Cidadap, Nyi Purnamasari berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Namun, pada puncak kekuasaannya, Nyi Ratu memilih untuk melakukan tapa.

Ketika Nyi Purnamasari melakukan tapa, kekuasaan di wilayah itu di pegang oleh para Puun. Setelah daerah tersebut di tinggalkan oleh Nyi Ratu, daerah tersebut mengalami kemunduran.

Kemudian putri Nyi Ratu yang bernama Nyi Mayang Sagara yang sudah tumbuh dewasa dan pintar, di angkat menjadi ratu. Nyi Mayang Sagara menjadi pemimpin dan bergelar Nyi Roro Kidul

Baca Juga:Rekomendasi Tempat Wisata Murah di Semarang yang Hits BingitsLow Budget Tapi Mau Staycation di Hotel? Nih, Rekomendasi Hotel Murah di Semarang, Check In Sekarang!!

Di bawah kekuasaannya, Nyi Roro Kidul berhasil memajukan daerah tersebut hingga mengalami puncak keemasan. Segi ekonomi yang meningkat hingga tempat kekuasaan semakin meluas.

Harga Tiket Masuk

Tempat pariwisata ini menetapkan harga yang sangat terjangkau. Harga ini di bebankan per kendaraan yang di gunakan oleh para wisatawan. Oleh karena itu, tidak ada hitungan per individu untuk tiket masuknya.

Untuk Pejalan kaki tiket masuknya yakni Rp3000, motor yaitu Rp8.000, mobil di berikan tarif Rp20.000 dan bila membawa bus tiketnya yaitu sebesar Rp30.000.

Jam operasional dari Pantai Pelabuhan Ratu yaitu dari pagi hingga malam, sehingga para pengunjung dapat ke sini kapan saja.

Daya Tarik

Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi merupakan pantai yang memiliki pemandangan dan suasana yang indah, berikut ini adalah daya tarik yang di miliki pantai ini :

  1. Pemandangan yang Indah

Pantai Pelabuhan Ratu menawarkan panorama alam yang menakjubkan dengan adanya karang-karang yang menjorok ke laut. Di atas karang-karang tersebut, para pengunjung dapat duduk santai sambil memancing atau hanya menikmati keindahan pemandangan alam yang diciptakan oleh Tuhan dalam bentuk ombak laut yang memecah di atas karang yang menyerupai mutiara.

2. Melihat Sunset dan Sunrise

Tempat ini biasanya cocok untuk menyaksikan Matahari terbenam atau terbit selain Pegunungan. Kamu dapat menanti pemandangan alam yang indah tersebut dengan duduk di atas pasir atau duduk di atas batu karang yang menjorok ke laut.

3. Lokasi Surfing

Di seputar Pelabuhan Ratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk Berselancar. Lokasi itu meliputi Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng.

Di antara semua spot itu, Cimaja termasuk yang paling populer. Spot Surfing ini punya ombak besar, dengan ketinggian mencapai 4 meter. Cimaja menjadi lokasi beberapa kompetisi surfing taraf internasional.

Nah demikianlah informasi mengenai sejarah, harga tiket, jam operasional hingga daya tarik dari lokasi wisata ini. Kuy segera ajak teman dekatmu ataupun keluargamu berlibur ke sini menikmati panorama alam yang memanjakan mata.

0 Komentar