Khas Pekalongan! Ternyata Nasi Megono Adalah Ini Guys

Youtube: Dapur Cantik Channel // Nasi Megono
Youtube: Dapur Cantik Channel // Nasi Megono
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Khas Pekalongan! Ternyata Nasi Megono Adalah Ini Guys.

Datang dari Jawa Tengah ada hidangan yang menarik untuk kamu cicipi.

Masyur di daerah Pekalongan, sebenarnya nasi ini ada di sekitaran Jawa.

Sego megono adalah hidangan nasi dengan taburan serat nangka muda yang di cacah di campur dengan parutan kelapa yang di bumbui.

Baca Juga:Minasan!! 20 Kanal Legal Nonton Anime One Piece Sub Indo Episode 1081Si Bongsor Gas Pool!! Harga Motor Yamaha Nmax Luncuran Baru

Hidangan nasi ini biasanya di sajikan dengan tempe mendoan, tempe goreng yang di iris tipis dan di lumuri tepung lalu di goreng hingga matang.

Nasi Megono juga di sajikan dengan lauk lain seperti ayam dan ikan.  

Nilai sejarah dan budaya di mulai dengan terciptanya Megono sebagai panganan militer. Megono berasal dari bahasa Jawa merga (karena) dan ana (di sana).

Hidangan ini berasal dari hidangan yang diberikan kepada prajurit Kesultanan Mataram di bawah Bahureksa yang melawan VOC di Batavia pada tahun 1628.  

Menurut sejarahnya, beras ini merupakan salah satu bentuk budaya keraton di Yogyakarta pada masa kejayaan kerajaan Mataram kuno.

Hidangan ini berisi nasi dan nangka muda yang sudah di olah dengan bumbu tambahan. Hingga nasi ini menjadi makanan wajib dalam upacara Bekakak.

Untuk menyiapkannya, Anda membutuhkan kelapa parut dan bumbu halus seperti cabai rawit, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, adas, dan lengkuas.

Agar lebih nikmat dan gurih, bumbunya di campur dengan garam, terasi dan daun jeruk yang harum. Kukus nangka muda dan bumbu halus selama kurang lebih 15 menit.  

Baca Juga:Tempat Jual Aneka Jajanan Pasar Murah dan Lengkap di Cirebon!!Cocok Untuk Penderita Gerd, Simak Cara Membuat Opor Ayam Kuah Susu Lezat!!

Tambahkan cabai merah potong dadu, daun salam dan serai cincang sambil di kukus untuk menambah rasa.

Setelah matang, aduk rata dan tambahkan topping seperti bawang goreng, seledri dan bunga kecombrang yang di potong sedikit agar rasanya semakin nikmat.  

Murah! kamu bisa membeli nasi megono ini sebanyak sampai puas karena di jual dengan harga murah

Nasi megono biasanya di bungkus dengan kertas minyak atau daun pisang agar rasanya semakin nikmat. Harganya pun bervariasi dan pastinya sangat terjangkau. Nasi megono biasanya di jual antara Rp3.000 hingga Rp10.000 tergantung lauk yang diinginkan.

0 Komentar