8 Buah Yang Bisa Menurunkan Kolesterol,Yuk Buah Apa saja !

8 Buah Yang Bisa Menurunkan Kolesterol,Yuk Buah Apa saja !
8 Buah Yang Bisa Menurunkan Kolesterol,Yuk Buah Apa saja !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- buah penurun kolesterol menjadi alternatif buat para orang tua yang menginadap penyakit kolesterol dan Tahukah Anda bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah?

Ya, karena itu Anda perlu menjaga kadar kolesterol normal, salah satunya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Ada beragam makanan penurun kolesterol yang baik untuk di konsumsi, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga daging ikan.

Baca Juga:Peringatan Penting !! Buat Punya Penyakit GERD Ini Dia 5 Buah Yang Baik Untuk Kesehatan !Fariasi Es Kuwut Bali ! Yang Menyegarkan Tenggorokan Anda di Siang Hari !

Tanpa berlama-lama lagi, simak apa saja rekomendasi makanan yang dapat mengontrol kolesterol Anda dalam ulasan berikut ini!

Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol

Selain memahami gejala kolesterol tinggi, memperhatikan pilihan makanan juga tak kalah penting untuk di lakukan.

Berikut penjelasan mengenai beberapa makanan yang aman di konsumsi untuk membantu penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Pisang 

Pisang merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang lezat dan cukup mudah di dapatkan. Pisang baik di konsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi karena memiliki kandungan zat inulin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol sehingga tetap stabil.

Buah pisang juga dapat di konsumsi dengan cara dijus. Jus pisang merupakan salah satu jus penurun kolesterol paling cepat.

  1. Sayuran Hijau 

Ada pula jenis sayuran penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi yaitu sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung.

Sayuran hijau memiliki antioksidan yang mampu mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga akumulasi kolesterol dalam darah dapat di kurangi.

Tidak hanya membantu menurunkan kolesterol, sayuran hijau juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung apabila di konsumsi secara rutin.

Baca Juga:Manis Dan lembutnya Brownies Cokelat Keju- Ini Dia Resep Membuat Kua Bronis Nikmat !4 Pilihan Minyak Goreng Yang Baik Bagi Kesehatan !Yuk Simak Di Sini !

  1. Beras Merah 

Beras merah termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol karena mengandung vitamin B, magnesium, selenium, dan fitonutrien yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah.

Di samping itu, tingginya kandungan serat pada beras merah juga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

  1. Gandum 

Gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat tepat untuk di konsumsi apabila Anda berencana menurunkan berat badan dan juga kolesterol.

Serat larut air jenis beta-glukan yang terdapat pada gandum ini dapat menjaga metabolisme agar tubuh tetap sehat.

  1. Kedelai 

Kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang dapat di olah menjadi berbagai bahan makanan, seperti tempe, tahu, tepung kedelai, hingga susu.

Kedelai di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol karena mengandung isoflavon yang berperan dalam menekan kadar kolesterol jahat.

  1. Kacang-kacangan 

Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan kenari termasuk dalam makanan penurun kolesterol tinggi.

Mengapa? Hal ini karena kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal.

Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin, antioksidan, serat, dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh.

  1. Ikan Salmon 

Tidak hanya memiliki daging yang lembut dan lezat dikonsumsi, tetapi ikan yang satu ini rupanya termasuk dalam makanan penurun kolesterol dan trigliserida.

Usahakan untuk tidak menggunakan minyak saat memasak ikan salmon agar Anda bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.

Anda pun dapat memilih jenis ikan lainnya apabila tidak menemukan ikan salmon. Pilihlah ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 seperti sarden, tuna, makarel, dan ikan kembung.

Di mana asam lemak omega-3 ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Alpukat 

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah alpukat. Ya, alpukat kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta nutrisi fitosterol yang dapat mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh cenderung rendah bila di konsumsi dengan rutin.

itu dia 8 buah yang bisa di gunakan sebagai alternatif buat para orang tua para penderita kolesterol,selamat mencoba.

0 Komentar