Dongkrak PAD Dari Parkir, Kuningan Lakukan Penataan

0 Komentar

Kuningan berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD dari bidang perparkiran. Dengan dukungan Pj Bupati dan Forkopimda, upaya penataan parkir ini telah dimulai, pasca terbitnya peraturan daerah terbaru. Potensi parkir bersumber dari pajak parkir dan retribusi parker. Pemkab juga mendorong tertib administrasi bagi seluruh pengelola parkir.

Kuningan berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD dari bidang perparkiran. Dengan dukungan Pj Bupati dan Forkopimda, upaya penataan parkir ini telah dimulai, pasca terbitnya peraturan daerah terbaru. Potensi parkir bersumber dari pajak parkir dan retribusi parker. Pemkab juga mendorong tertib arministrasi bagi seluruh pengelola parkir.

Kadishub Benny Prihayatno melalui Kabid Prasarana dan Perparkiran Khadafi Mufti, menerangkan upaya penataan parkir ini telah dimulai secara simbolis, di area parkir percontohan, Alun alun Cilimus kemarin. Dishub sendiri bertugas mengelola penerimaan retribusi parkir, semantara pajak parkir menjadi ranah Bapenda Kuningan.

Baca Juga:Pendidikan Bagi Pemilih PemulaKombes Pol Sumarni Resmi Jabat Kapolresta Cirebon

Dalam acara kemarin, Pj Bupati Raden Iip Hidayat disaksikan Forkopimda, menyerahkan surat tugas, identitas parkir, seragam dan karcis parkir resmi kepada para juru parkir di lokasi alun alun tersebut.

Menurut Khadafi, pasca penerbitan Perda No 1 Tahun 2024, tentang pajak daerah dan retribusi daerah, pihaknya berharap, upaya penataan melalui tertib administrasi ini, akan mendongkrak PAD kabupaten setiap tahunnya. Termasuk pendapatan bagi desa, hingga pengelola.

Selain itu, terkait tertib administrasi, Khadafi menyebut, setiap pengelola wajib mengantongi surat izin pengelolaan parkir atau IPP. IPP ini bisa didapatkan melalui rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kuningan.

Hingga Kamis 11 Januari 2023, jajaran Dishub sedang melakukan pendataan, terhadap pengelola parkir se-Kuningan, untuk melengkapi legalitasnya.

Terkait target pendapatan dari bidang perparkiran tahun ini, Pemkab Kuningan telah menargetkan angka diatas 5 milyar

0 Komentar