11 Bumbu Dapur Termahal Di Dunia

bumbu dapur termahal
0 Komentar

Bumbu dapur merupakan salah satu bahan yang diperlukan dalam proses memasak agar dapat menghasilkan cita rasa makanan yang khas.

Jahe, kunyit, lada, daun salam merupakan salah satu jenis bumbu yang sering kita gunakan sehari hari.

Harga bumbu dapur pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah perkilogramnya.

Baca Juga:6 Daging Termahal Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia10 Makanan Paling Enak di Dunia Yang Wajib Kamu Cicipi

wikipedia
11 Bumbu Dapur Termahal Di Dunia

Daftar bumbu dapur termahal di dunia :

11. Lada

Dalam daftar yang ke 11 ini ditempati oleh lada. Dengan julukan king of spice atau rajanya bumbu karena paling sering digunakan dalam proses memasak makanan.

Harga 1 kilogram lada mencapai 50 ribu rupiah dan bisa lebih mahal lagi sesuai dengan kualitasnya.

Dengan rasa pedasnya yang khas, lada biasa kita temukan sebagai bumbu sayur sop, bakso maupun bubur ayam.

Dahulu kala, lada pernah dijuluki sebagai emas hitam karena pada saat itu harga lada lebih mahal daripada emas, dan perlu kamu ketahui bahwa negara penghasil lada terbesar di dunia ini adalah Vietnam.

10. Kayu Manis

Di daftar yang ke 10 terdapat kayu manis. Bumbu yang memiliki nama latin Cinnamon verum ini dapat ditemukan di Sri lanka, Indonesia, Cina, Vietnam dan India dengan produsen terbesarnya adalah Sri lanka.

Kayu manis biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan juga sebagai bahan campuran kue.

Untuk harganya, kayu manis biasa dijual dengan harga 100 hingga 150 ribu perkilogramnya.

Baca Juga:10 Jenis Pasta Paling Terkenal Di Dunia Berdasarkan Bentuknya10 Museum Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak Di Dunia

Dalam sejarahnya, kayu manis merupakan salah satu bumbu tertua di dunia yang digunakan di Mesir kuno dan Cina, yang kemudian dibawa ke Eropa oleh bangsa Portugis dan Belanda.

Selain sebagai bumbu dapur, kayu manis juga digunakan sebagai bahan campuran kosmetik dan rokok.

9. Cengkeh

Di daftar ke 9 bumbu masak termahal di dunia terdapat cengkeh. Semenjak abad pertengahan cengkeh sudah digunakan sebagai bahan obat obatan maupun keperluan memasak.

Cengkeh merupakan rempah rempah asli yang berasal dari kepulauan maluku Indonesia.

Cengkeh berasal dari tunas pohon Caryophyllus aromaticus yang kemudian dikeringkan. Selain sebagai bumbu, cengkeh juga digunakan dalam industri rokok.

Harga cengkeh dipasaran berkisan antara 100 hingga 200 ribu rupiah perkilogramnya. Sebagai informasi, Indonesia merupakan produsen cengkeh terbesar di dunia dengan pangsa pasar 70 hingga 80%.

8. Kapulaga

Kapulaga merupakan bumbu dapur yang dihasilkan dari biji tanaman Genera elettaria yang masuk dalam keluarga jahe jahean.

Kapulaga merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia, Bangladesh, Bhutan dan India, dengan Guatemala sebagai penghasil kapulaga terbesar di dunia.

Kapulaga banyak digunakan sebagai rempah atau bumbu masakan dan juga sebagai campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional. Di Indonesia sendiri kapulaga terdiri dari 2 jenis yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India.

Untuk harganya sendiri, kapulaga India dijual dengan harga 35 ribu per 25 gramnya. Harganya yang lumayan mahal ini dikarenakan proses pengambilannya yang sulit.

7. Grains of Paradise “Lada buaya”

Grains of Paradise atau yang dikenal juga dengan sebutan lada buaya, masih satu jenis dengan kapulaga. Bumbu yang satu ini berasal dari daerah Ghana, Liberia dan Togo.

Biasanya lada buaya ini digunakan sebagai bumbu masak, terutama masakan Afrika. Untuk 1 kilogram lada buaya ini dijual dengan harga sekitar 1 juta rupiah, jadi tidak salah kalau Grains of Paradise ini dinobatkan sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki harga mahal di dunia.

6. Daun Jeruk Purut

Di daftar ke 6 bumbu paling mahal di dunia ini terdapat daun jeruk purut. Jeruk puruk merupakan jeruk nipis liar yang biasa ditemukan di Indonesia dengan bentuknya yang kecil dan teksturnya yang berkerut.

Daun jeruk purut biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan seperti soto dan seafood, serta sebagai bahan penyedap sambal.

Untuk harganya sendiri, daun jeruk purut kering dibanderol dengan harga 525 ribu per pnnya.

5. Jinten Hitam

Selain digunakan sebagai bumbu masak, jintan hitam juga digunakan sebagai tanaman obat. Dengan bentuknya berupa butiran biji yang berwarna hitam, jinten hitam ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu, terutama di negara negara timur tengah.

Jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Habbatussauda banyak mengandung beta karoten, pro vitamin A, kalsium, zat besi, sodium, kalium serta 9 asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Bumbu masak yang satu ini sering digunakan sebagai bahan penyedap makanan, bumbu olahan maupun bisa dijadikan sebagai minuman herbal.

Negara Mesir merupakan salah satu negara penghasil jintan hitam terbesar di dunia. Untuk harganya sendiri, jintan hitam dihargai 570 ribu untuk satu ponnya.

4. Merica Panjang

Merica panjang atau long pepper banyak digunakan sebagai bumbu masakan di India, pakistan dan Nepal dengan sebutan sebutan pippali.

Long pepper memiliki rasa yang sama dengan lada hitam namun lebih sulit ditemukan, merica panjang ini memiliki harga sekitar 675 ribu untuk 1 pon.

Merica atau lada panjang ini banyak ditanam di negara Malaysia, India dan juga nepal dan masuk sebagai salah satu daftar bumbu dapur paling mahal di dunia.

3. Mahlab

Mahlab merupakan salah satu bumbu yang berbentuk bubuk yang berasal dari biji ceri St. Lucy.

Mahlab ini tergolong bumbu yang langka dengan harganya yang bisa mencapai 1 juta rupiah perponnya.

Tanaman mahlab ini banyak tumbuh di dataran Eropa Selatan, Mediterania dan Timur Tengah.

Awalnya mahlab digunakan sebagai bahan campuran parfum, namun rasanya yang mirip dengan ceri dan almond membuatnya bisa digunakan dalam pembuatan kue dan roti.

2. Vanili

Vanili merupakan bumbu dapur termahal ke 2 didunia setelah saffron dengan harga mencapai 9 juta rupiah perkilogramnya.

Harganya yang mahal ini bahkan lebih mahal dari harga perak sehingga mendapat predikat sebagai salah satu rempah rempah termahal di dunia.

Vanili berasal dari buah tanaman Vanilla planifolia. Negara penghasil vanili terbesar di dunia adalah Madagaskar, disusul Meksiko serta Tahiti.

Vanili banyak digunakan sebagai pengharum kue serta makanan.

1. Saffron

Dan gelar bumbu dapur termahal di dunia jatuh kepada Saffron. Dengan harganya yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah perkilogramnya, menjadikan saffron bahkan lebih mahal dari harga emas.

Saffron berasal dari bunga crocus sativus atau yang biasa disebut saffron crocus dan banyak di tanam di negara Prancis, Iran, Yunani, Maroko dan India.

Kenapa harga saffron bisa sangat mahal ? Hal ini dikarenakan betapa sulitnya untuk mendapatkan saffron ini. Bayangkan saja, untuk mendapat 1 ons saffron dibutuhkan 1000 bunga, dan 1 bunga hanya memproduksi 3 benang saffron, ditambah bunganya hanya mekar selama satu minggu setiap tahunnya dan harus dipanen ketika masih pagi dimana bunganya masih tertutup untuk melindungi stigma (benang halus saffron) di dalamnya.

Dengan bentuk yang halus dan harum, serta rasa yang sedikit manis, saffron banyak digunakan sebagai bumbu masakan seperti makanan tachin dan pilaf yang berasal dari Persia.

Safron juga temasuk kedalam salah satu jenis rempah langka di dunia. radarcirebon.tv

0 Komentar