6 Rekomendasi Makanan Khas Bogor yang Terkenal, Yuk Coba!!

6 Rekomendasi Makanan Khas Bogor yang Terkenal, Yuk Coba!!
Ngo Hiang Gang Aut salah satu makanan khas Bogor yang terkenal/ foto: Foursquare/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Makanan khas Bogor yang terkenal memang tidak di ragukan lagi sehingga banyak peminatnya.

Selain itu, sebagian besar penduduk, terutama wisatawan dari ibu kota, menjadikan Bogor sebagai tujuan liburan mereka.

Nampaknya banyak orang yang setuju bahwa asinan Bogor merupakan makanan khas daerah yang di gandrungi. Tapi tahukah kalian, ada makanan khas Bogor lainnya yang layak dicicipi.

Baca Juga:Udah Cobain Belum 4 Makanan Nasi Khas Jawa Tengah Ini?5 Makanan Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera, No 1 Paling ENAK!

Bogor memiliki ragam kuliner dengan ragam cita rasa yang tentunya menggugah selera, tidak hanya masakan asin.

Selain itu, bepergian ke sana sangat mudah karena Anda dapat melakukannya dengan menggunakan transportasi umum seperti KRL.

6 rekomendasi makanan khas Bogor yang terkenal yang bisa kamu coba jika ingin mengajak keluarga ke Bogor di akhir pekan.

Toge Goreng

Tauge di sajikan dengan rasa yang gurih dan segar berupa tauge goreng. Tauge sebanyak ini di lengkapi dengan lontong, tahu iris, dan sambal oncom gurih.

Laksa Bogor

Hidangan Laksa Bogor juga di sebut sebagai makanan khas Bogor. Pada acara syukuran, pesta, atau acara budaya, laksa bogor sering di persembahkan.

Isinya ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus, dan sekilas tampilannya mirip soto. Untuk memberikan rasa yang unik, Laksa Bogor menambahkan banyak bumbu selain saus oncom.

Ngo Hiang Gang Aut

Hidangan Cina populer bernama Ngo Hiang Gang Aut hadir di Bogor. Ngo Hiang gang aut terbuat dari daging babi di negaranya sendiri. Saat makanan ini masuk ke Indonesia, makanan ini di ubah.

Pada masakan ini, olahan daging sapi di lumuri tepung dan di goreng. Kemudian di padukan dengan saus Ngo Hiang tradisional, yang memiliki rasa manis dan asam, dan acar lobak untuk menambah cita rasa.

Baca Juga:Hotel Cahaya Villa Garut, Pilihan Terbaik Untuk Penginapan Liburanmu!Seperti Amerika, Green Canyon Tempat Wisata Ciamis yang Populer!

Mie Glosor

Mie Glosor adalah hidangan lain yang umum di Bogor. Di Bogor, umat Islam sering menyajikan mee glosor sebagai bagian dari menu buka puasa mereka. Mie ini sering di sajikan dengan bumbu kacang, dengan gorengan dan kerupuk mie.

Mi glosor di bedakan dari warna emasnya yang khas karena di buat dengan tepung singkong dan kunyit sebagai komponen utamanya.

Cungkring

Kuliner khas Bogor tentu saja beragam. Cungkring, salah satu kuliner terkenal dari Kota Seribu Angkot ini biasa di sajikan sebagai sarapan oleh warga Bogor. Daging sapi yang kaku menjadi salah satu unsur utama dalam masakan Bogor ini.

Kaki sapi di bagi menjadi empat bagian. Sehingga Anda bisa mendapatkan kulit, kerikil, urat, dan dampal dalam satu sajian cungkring.

Empat komponen yang sebelumnya di pisahkan kemudian di olah dengan cara yang unik dan disesuaikan dengan selera masing-masing individu.

Doclang

Doclang adalah masakan yang populer di Bogor. Jika di lihat dari bentuknya, masakan ini sangat mirip dengan kupat tahu atau lontong sayur.

Pesor, irisan kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus adalah bahan yang di gunakan untuk membuat doclang, yang kemudian di siram bumbu kacang dan kecap.

Pesor atau ketipat yang terbuat dari beras yang di bungkus dengan daun putat kemudian di rebus selama beberapa jam inilah yang membuat doclang berbeda.

Daun putat sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh di kaki Gunung Salak. Nah, inilah yang membuat masakan ini unik.

Itulah 6 makanan khas Bogor yang sudah terkenal oleh wisatawan.***

0 Komentar