Nyesel Kalo Gak Coba! Ini Dia 5 Cemilan Khas Cirebon yang Muanteb Banget Rasanya

Cemilan Khas Cirebon
Cemilan Khas Cirebon
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Berbicara tentang jenis-jenis makanan yang ada di nusantara memang tidak ada habisnya.

Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, pasti memiliki cita rasa yang berbeda dari masing-masing daerah nya.

Ada yang memiliki rasa manis, asin, asam, gurih, dan lain sebagainya. Itu semua tercipta karena sebuah selera yang berbeda-beda.

Baca Juga:Jangan Nasi Pada Doang yang Sudah Kamu Coba, Ayo Cobain Juga Sate Padang di Jamin Ketagihan!Ini dia 3 Pantai Garut Jawa Barat yang Cocok Buat Kamu Healing

Seperti hal nya Bhineka Tunggal Ika, yang artinya walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua, itulah Indonesia.

Begitupun dengan cemilan khas Cirebon yang memiliki cita rasa yang unik untuk para penikmat kuliner nusantara.

Namun, apakah kamu sudah pernah mencicipi cemilan khas Cirebon tersebut? Apakah kamu penasaran dengan rasanya seperti apa?

Jika kamu penasaran, yuk langsung saja kita bahas lebih detailnya mengenai cemilan khas Cirebon di bawah ini.

Cemilan Khas Cirebon

1. Kue Apem

Jika kamu berkunjung ke Kota Wali ini, jangan lupa untuk membeli atau mecicipi Kue Apem yaa. Karena jika kue yang biasa kita jumpai lebih condong memiliki rasa yang manis, namun untuk Kue Apem khas Cirebon ini terkenal gurih dan nikmat.

Kue Apem

Untuk kamu yang ingin tahu bahan-bahan dari Kue Apem ini, ini dia bahan yang di gunakan untuk membuat kue apem Cirebon : telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam. Kemudian, adonan tersebut di masak dengan cara di bakar atau di kukus.

2. Serabi

Selanjutnya adalah makanan yang biasa di temui di daerah Provinsi Jawa Barat yang lainnya, yaitu Serabi. Akan tetapi, jika di Cirebon Serabi yang di jual sangat unik karena tidak menawarkan rasa manis seperti serabi pada umumnya.

Serabi

Baca Juga:Nok Aang, Ini Dia 4 Tempat Wisata yang Hits untuk Anak Zaman Now di Cirebon Jawa Barat, Yuk Kunjungi!Ajak Keluarga Kamu ke 4 Tempat Wisata Jawa Barat yang Unik Ini! Ada Jepang Lho di Cianjur!

Serabi khas Cirebon di buat dengan campuran telur, tempe goreng, oreg tempe, oncom, sampai dengan tauco! Jadi, rasa serabi khas Cirebon ini cenderung asin ketimbang manis. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

3. Tahu Gejrot

Nah untuk makanan yang satu ini memang lah sangat unik dan khas sekali dengan kota Cirebon. Jika kamu datang ke Cirebon, maka kamu akan dengan mudah menemukan orang yang menjual tahu gejrot di pinggir jalan atau pedagang kelilingnya.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan tahu yang di goreng, lalu di beri sedikit kecap manis dan gula aren. Setelah itu, tahu di campur dengan ulekan bawang merah, bawang putih, dan cabe. Dan uniknya nama cemilan tersebut karena memiliki makna, yaitu  tahu gejrot karena setiap di gigit, cairan yang ada di dalam tahu akan terasa “pecah” di dalam mulut.

4. Kerupuk Melarat

Selanjutnya kita beralih ke makanan yang sudah sangat populer di tempat nya tersebut, apalagi kalau bukan kerupuk melarat. Kerupuk yang satu ini akan tambah lezat rasanya ketika di makan dengan cara di campur sambal kacang atau sambal asem.

Kerupuk Melarat

Cemilan khas Cirebon yang satu ini ini berwarna-warni, selain itu proses pembuatannya pun cukup unik karena tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir bersih yang di aduk-aduk hingga mengembang. Kerupuk ini cocok banget untuk di makan bersama nasi atau di jadikan cemilan saja.

5. Tape Ketan

Dan yang terakhir adalah makanan yang seringkali dapat di temui di toko oleh-oleh khas Cirebon. Namun biasanya Tape Ketan ini juga terdapat di warung-warung makanan khas Cirebon yang terletak di Plered, Cirebon.

Tape Ketan

Tape Cirebon ini memiliki rasa asam akan di campur dengan beras ketan manis. Kemudian, adonan tape dan beras ketan ini di bungkus dengan daun pisang agar aromanya semakin harum, lalu di kukus sampai matang.

0 Komentar