Skip Bawa Tahu! Rekomendasi 6 Oleh-oleh Khas Sumedang Hits

Oleh-oleh Khas Sumedang
Oleh-oleh Khas Sumedang
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sudah menjadi kebiasaan kita ketika mengunjungi tempat wisata atau ke luar kota selalu membawa buah tangan.

oleh-oleh yang di bawa tentunya makanan yang hits dan khas dari daerah tersebut. Bagi kamu yang sedang mengunjungi daerah Sumedang, makanan berikut cocok untuk jadi oleh-oleh.

gak cuma tahu dan ubi cilembu Sumedang, ini dia 6 oleh-oleh khas Sumedang cocok untuk kamu bawa pulang.

Baca Juga:5 Tempat Makan di Tegal Gawe Wareg Sedina Nutug !!10 Makanan Tegal Hits Auto Bikin Kalap!!

Lahang

Bagi anda yang belum tau, lahang ini merupakan bahan dasar pembuatan gula aren. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut Nira. Namun di daerah Pasundan, termasuk Sumedang, lahang biasa di sajikan mentah, artinya langsung di minum. Lahang ini rasanya sangat manis dan juga menyegarkan.

Emplod

kalau berkunjung ke Sumedang, jangan lupa bawa pulang emplod. Emplod Sumedang merupakan salah satu jajanan yang enak dan nikmat. Terbuat dari campuran singkong, garam, kelapa dan minyak goreng. Jika penasaran, Anda bisa langsung mencicipinya, dan juga bisa di jadikan buah tangan.

Soto Bongko

cocok untuk oleh-oleh atau menu sarapan ketika di Sumedang, ada soto bongko. sama dengan soto lainnya, berisi potongan bongko atau lontong, tahu, tauge, sayur, kemudian di siram kuah kuning. untuk pelengkap bisa tambahkan kerupuk, sambal, dan bawang goreng.

Sawo Sukatali

Buah sawo asli dari Desa Sukatali, Kecamatan Situaja, Sumedang. Sawo Citali bentuknya berbeda dengan sawo pada umumnya dan rasanya sangat manis. Selain itu, keunggulan Sawo Citali adalah daging buahnya yang lembut di mulut. 

Oncom Pasireungit

Daerah Pasireungit, Sumedang terkenal dengan olahan oncomnya. Perbedaan oncom Pasireungti dengan oncom dari daerah lain adalah bahan pembuatannya. Oncom dari Pasireungti, Sumedang di buat olahan kacang tanah dan singkong. Sedangkan Oncom dari daerah lain hanya di buat dari tahu buih, sehingga kurang enak. 

Tahu Sumedang

Primadona buah tangan khas Sumedang yakni tahu sumedang. Tahu Sumedang sangat terkenal dengan rasanya yang asin, empuk, dan renyah saat di gigit. Ada banyak cara untuk menikmati tahu sumedang ini, bisa di makan polos, kemudian polos dan dengan cabe rawit atau lontong, atau sebagai pelengkap masakan tertentu. 

0 Komentar